Nih biar kalian ketika belajar coding gak jenuh, gadis-gadis moe 2D ini akan membantu kalian menghilangkan rasa jenuh ketika belajar pemograman. Code Girl Collection merupakan sebuah browser game moe yang menggabungkan pelajaran pemograman bersama dengan gadis-gadis moe 2D. Game yang satu ini mengajarkan kalian para user dasar-dasar dari Ruby dan PHP. Dan rencananya game yang satu ini akan memasukan salah satu jenis bahasa pemograman lainnya yaitu Phyton di bulan Juni yang akan datang nanti. Browser game ini mulai diluncurkan oleh sebuah perusahaan bernama Paiza. Di dalam game ini, para pemain akan menjadi seseorang yang hilang ingatan dan terdampar di sebuah dunia virtual. Disini kalian akan dibantu oleh Lilia, dan pemain harus mencoba untuk kembali ke dunia asli. Dengan menyelesaikan pelajaran-pelajaran pemograman yang diberikan, para pemain dapat membuka bonus-bonus menarik seperti kartu “Code Girl” yang didapat dari Gachapon. Tingkat kesulitan dalam game ini pun akan bertambah seiring dengan masalah-masalah yang sudah kalian pecahkan.

Dalam game Code Girl Collection ini kalian bermain tak hanya sekedar mengejar untuk mendapatkan karakter yang langka nan istimewa. Dalam game ini juga menghadirkan kegiatan programming secara langsung di dalam permainannya (yang tentunya harus diselesaikan dengan mengetik script alias berbagai baris perintah layaknya kegiatan coding yang sebenarnya). Dan dengan menyelesaikan berbagai misi programming ini, pemain dapat memperoleh berbagai bonus menarik seperti yang sudah saya jelaskan tadi diatas dan dapat melanjutkan perkembangan cerita yang disajikan game ini.

Example:

Ketika kalian mendapatkan misi harus menampilkan satu atau lebih data string, kalian akan memasukan script seperti yang ada dibawah ini:

<?php
$Data1    =”Muhammad Zaky Zulfiqor”;
$Data2    =”Kota Tasikmalaya”;

echo (“$Data1”);
echo (“<BR>n”);
echo (“$Data2”);
?>

Yah, kurang lebih seperti itu contoh penyeselesaian misi tersebut.

Game Code Girl Collection ini berbasis free alias gratis, jadi kalian tak perlu mengobrak-abrik isi dompet kalian untuk memainkan game ini. Gimana gaiss? Tertarik untuk belajar pemograman dengan ditemani gadis-gadis moe 2D? 😀