Akiba-chan dan akiba-kei yang suka banget sama makanan jepang pasti juga kenal sama Mochi. Kalau bagi pecinta pop culture jepang disini, mochi memang tergolong makanan yang langka. Perlu pencarian ekstra buat mendapatkannya. Selain itu juga termasuk cemilan enak (daifuku/dessert) karena biasanya yang dijual punya beragam isian. Tapi dijepang, makan ini selain masuk kategori cemilan khas juga dinobatkan sebagai makanan paling mematikan lho. Kok bisa? simak yuk…

Kalian pernah nonton anime kocak Danshi Koukousei No Nichijou? Di salah satu episodenya disitu secara tidak langsung penah diperlihatkan lho alasan makanan ini jadi makanan paling mematikan. Baiklah mari kita bahas pelan-pelan.

Mochi
Daifuku yang dijual di pasaran

Mochi sendiri merupakan kue beras khas jepang. Yang biasanya bertekstur kenyal dan diisi dengan berbagai macam isian seperti buah, pasta kacang, selai dll. Di jepang biasanya dibuat saat perayaan mochitsuki. Tapi juga dapat dinikmati sepanjang tahun. Termasuk saat pesta tahun baru sebagai menu osenchi.

yang berbentuk block

Namun kehadiran mochi sebagai menu osenchi punya sisi kelam tersendiri. Berbeda dengan bentuk daifuku yang biasa dijual di luar jepang, mochi dalam perayaan tahun baru biasanya dimakan dengan bentuk utuh. Block dan sangat kenyal. Itulah mengapa makanan ini disantap saat tahun baru. Kekenyalannya (yang molor saat dimakan) melambangkan umur panjang dan kebahagiaan yang berkelanjutan.

Wait… tapi sisi kelamnya bukan di makna tersebut. Tapi di tekturnya yang so molor molor saat dimakan. Bagi akiba-chan dan akiba-kei yang masih muda dan perkasa mah mungkin masih tidak masalah saat makan. Namun untuk golongan masyarakat lansia yang giginya kadang udah nggak lengkap, makan mochi sangat berbahaya.

Karena nggak bisa menggigitnya kecil-kecil biasanya banyak orang mencoba untuk menelan bentuk block mentah-mentah. BIG NO, meskipun kalian masih mudah JANGAN MENELAN MOCHI DALAM POTONGAN BESAR. Teksturnya yang kenyal seperti karet bakal sangat susah ditelan sehingga AKAN MEMBUAT TERSEDAK. Kasus inilah yang terjadi pada lansia. Lansia jepang yang berumur 55 sampai 90 tahun sangat rentan tersedak.

Bahkan bila terjadi dan tidak segera mendapat pertolongan dapat menyebabkan kematian. Hal ini terjadi karena sedakannya menyumbat jalan pernafasan. Maka dari itu selalu ada warning saat akan menyantap jenis kue ini. Pada tahun baru kemarin, masih terjadi banyak kasus tersedak mochi dan dua diantaranya sampai meninggal dunia.

Nah, akiba-chan dan akiba-kei, sudah tau kan kenapa mochi disebut sebagai salah satu makanan paling mematikan di jepang? Kalian juga hati-hati ya saat makan makanan apapun. Jangan lupa berdoa sebelum makan. 🙂