Mungkin sekarang ini banyak gamer Jepang yang tahu game Azur Lane. Walau mobage itu dikembangkan di China, tapi berhasil meraih kesuksesan besar di Jepang, sampai mau ada animenya juga. Tak heran kalau bisa ada mobage China lain yang mau coba cari kesuksesan di Jepang, seperti mobage yang satu ini, tapi game itu diprotes netizen Jepang karena baru-baru ini mereka ubah artsyle jadi Moe di versi Jepang.

Game tersebut dirilis di Jepang dalam nama Daikoukai Utopia Golden Age Voyage. Game tersebut memiliki konsep yang agak mirip dengan Azur Lane karena juga melibatkan kapal-kapalan. Gameplay Daikoukai juga memiliki elemen shooting action RPG.

Tapi game ini berbeda era dan tema dengan Azur Lane yang bertema kapal Perang Dunia II, dengan Daikoukai memakai tema era bajak laut dan penjelajahan, dan overall memiliki artsyle yang lebih kearah semi-real. Atau originalnya begitu, karena baru-baru ini diberikan pengumuman kalau game Daikoukai Utopia mendapatkan perubahan di Jepang.

Dimana artsyle untuk beberapa karakternya tampil dalam bentuk gadis Bishojo dan Moe ala anime yang digambar oleh ilustrator Cheese Pan. Ini membuat tampilannya begitu kontras dan tak terasa nyambung antara desain karakter original dan yang baru.

Dan sepertinya itu juga yang dirasakan oleh para netizen Jepang yang melihat pengumuman tersebut. Dengan banyak yang menganggap artsyle yang originalnya terlihat lebih bagus daripada artsyle anime moe yang baru ini. Bahkan ada yang mengatakan pembaruan ini lebih bisa dibilang sebagai DaiKoukai(Penyesalan Besar).

Mengingat kalau negara Jepang dari dulu punya reputasi suka dengan desain karakter Bishojo atau Moe atau Bishie, apalagi kemungkinan kesuksesan Azur Lane bisa juga karena itu, reaksi ini memang agak mengejutkan untuk dilihat.

Tapi untungnya game Daikoukai Utopia membaca pendapat tersebut, dan mereka memberikan solusi yang bagus. Karena dikatakan kalau player akan bisa memilih mau memakai desain yang mana saat memainkan game itu, bisa mau pakai desain karakter yang original atau yang sudah di~Moe~fikasi.

Comments