MMO FFXIV Terlalu Sukses Sampai Perlu Stop Jualan!

0
139

Final Fantasy adalah salah satu seri game RPG paling dikenal secara global. Dan saat ini, FFXIV menjadi salah satu game online paling populer. Tapi yang terasa unik adalah kabar baru mengenai game tersebut. Dimana diumumkan kalau MMO RPG itu akan stop dijual! Shocking memang, tapi tenang saja karena itu hanya beberapa waktu, dan yang hebat adalah alasannya karena game tersebut… terlalu meleduk popularitasnya.

Final Fantasy XIV adalah MMORPG Final Fantasy kedua dari Square Enix setelah Final Fantasy XI dan berperan sebagai penerus dari game tersebut. Game itu pertama dirilis pada tahun 2010, akan tetapi game tersebut ramai akan bug dan juga memiliki desain yang tidak disukai, membuatnya dapat banyak kritikan pedas dan tidak sukses.

Akan tetapi yang menarik adalah adanya kesempatan kedua untuk game tersebut, dengan dibawanya Yoshida Naoki sebagai produser dan sutradara game itu. Pada tahun 2013 game versi pertamanya dimatikan dan merilis versi kedua, FFXIV Realm Reborn, dan perbaikan game tersebut membuahkan hasil, dengan Realm Reborn dapat respon yang sangat positif.

Kesuksesan itu terus meningkat seiring dirilisnya expansion pack baru. Tapi dalam masa pandemik ini, popularitas mereka meleduk sangat tinggi hingga jadi meme Suffering From Success karena banyak yang pindah dari game World Of Warcraft, yang sebelum ini adalah MMORPG tersukses yang pernah ada, karena beberapa masalah yang muncul pada developer Blizzard.

Hal itu membuat banyak player baru yang masuk terutama dari Amerika, membuat game itu kena masalah karena mereka bisa Sold Out pada penjualan digitalnya. Dikarenakan produksi digital kode game itu kalah cepat dengan kuantitas angka pembelian yang masuk.

Dan balik pada topik utama, masalah baru muncul lagi bulan ini, dengan FFXIV merilis expansion pack terbarunya, Endwalker, dan hype akan expansion pack tersebut begitu besar karena popularitas FFXIV yang juga semakin meleduk saat ini. Dengan makin banyaknya player yang main game itu, membuat servernya kena macet dan banyak player tak bisa login berjam-jam.

Pada akhirnya Yoshida meminta permohonan maaf, dan mengumumkan penjualan FFXIV akan dihentikan sementara baik fisik maupun digital dan advertisement game itu juga akan coba dihentikan bagi yang bisa untuk mencegah masuknya player baru, sementara masalah login diperbaiki. Player berbayar dapat hadiah maaf dengan dapat tambahan 14 hari gratis main dari 7 normalnya, membuat total jadi 21 hari.