Sebuah nama yang begitu besar dalam dunia anime telah meninggalkan dunia ini, Takahata Isao, sutradara dan salah satu pendiri dari Studio Ghibli yang telah memberikan karya-karya yang begitu dikenang. Dengan studio tersebut menjadi studio anime ternama yang tak hanya di Jepang tapi juga dunia, banyak sekali yang menyampaikan perasaan duka mereka kepada sutradara ini. Tapi bagaimana dgn Miyazaki?

Tapi sebelum menuju pada sahabatnya tersebut dan bisa dibilang nama paling besar dalam Studio Ghibli, mari kita lihat pesan dan perasaan duka yang diberikan kepada dunia anime, dari Jepang di timur hingga mereka yang dari barat.

Ada dari Asakura Aki, seorang artis dan pernah terlibat dengan almarhum sebagai pengisi suara dari anime Tale of Princess Kaguya, film terakhirnya sebagai sutradara. Aki mengatakan ia melihat almarhum bagaikan bintang yang bersinar dalam hatinya, dan dipenuhi rasa kesepian atas kematiannya, dan mendoakannya dari lubuk hati yang terdalam.

Nishimura Yoshiaki, alumni Studio Ghibli dan juga pendiri dari Studio Ponoc, mengatakan almarhum memberikannya pengalaman hidup yang begitu kaya. Ia takkan melupakan kegembiraan mereka berdua dalam membuat film, dan semangatnya yang tanpa batas akan movie dan kedamaian. Takahata akan selamanya menjadi guru baginya, dan sutradara animasi terhebat dunia.

Twitter dari Studio Ponoc International juga mengucapkan duka mereka akan meninggalnya co-founder Ghibli dalam bahasa Inggris. Yang juga dilakukan oleh mereka dari barat yang berkecimpung dalam industri anime melalui Twitter official mereka.

Seperti distributor anime yang telah melokalisasi dan dub anime barat macam Funimation, dan juga Sentai Filmwork. Dan begitu juga website besar penyedia streaming anime legal paling terkenal saat ini, Crunchyroll.

Dan bicara soal pihak besar, stasiun Televisi NTV dan YTV juga mengumumkan mereka akan menayangkan film karya besar almarhum, Hotaru no Haka, pada tanggal 13 April besok. Menggantikan movie Detective Conan: Crimson Love Letter, yang diundur ke tanggal 20 April.

Tapi bagaimana dengan sahabat dekatnya, Miyazaki Hayao, yang telah sangat lama bersama dengan almarhum? Sampai ia punya panggilan kepada Takahata, yaitu Paku-san.Tak hanya keduanya mendirikan Ghibli, tapi juga telah bekerja sama sebelum Ghibli, dimana mereka berdua bekerja di Toei Douga. Dan Miyazaki pernah mendeskripsikan sahabatnya itu sebagai sahabat yang paling bisa membuatnya marah, tapi juga yang paling dipercayainya.

Dan ternyata, Miyazaki sunyi saja, tak berkata banyak akan kematian Takahata Isao. Apakah itu karena ia tak peduli? Atau terlalu tabah? Menurut koran Sponichi, tidak karena itu. Dikatakan kalau Miyazaki diam saja akan kematian Takahata, karena ia masih merasakan shock yang begitu dalam.

Miyazaki sampai berkata kalau ia “tak terbiasa dengan perasaan ini” sambil menunjukkan rasa kehilangan yang begitu besar akan kematian Takahata, sahabat baiknya yang sudah sangat lama bersama dengannya 🙁

Takahata

Comments

Loading...