Pernahkah pada suatu malam ketika Minna-san sedang terlelap namun merasa ada sebuah bayangan yang menyelinap dan merasa bayangan itu mengawasi selama beberapa saat? Kemudian saat kalian membuka mata dan menoleh ke arah ‘yang dirasa terdapat bayangan’ tersebut ternyata tidak melihat apa-apa? Mungkin kalian sedang diintip oleh Kage Onna.

Di Jepang,  hantu yang melakukan aksinya seperti ilustrasi di atas populer dengan sebutan Kage Onna atau wanita bayangan. Ia hanya bersifat menghantui saja, jadi sampai saat ini tidak (atau belum?) terdengar kabar mengenai peristiwa serius akibat kemunculannya. Namun, hantu ini terkenal suka memunculkan dirinya pada tempat yang telah dipenuhi oleh yokai. Jadi, apabila kalian telah dihantui oleh salah satu dari mereka maka jangan kaget ya jika perlahan-lahan mulai menjumpai lebih banyak hantu lagi.

kage onna

Kemunculan kage onna adalah waktu tengah malam yang disertai dengan sinar rembulan. Ketika sinar bulan tersebut menembus kertas shouji (pintu geser rumah tradisional Jepang) maka dari balik shouji itulah sering muncul bayangan wanita. Ketika shouji dibuka, tidak ada orang dibaliknya.

Baca Juga: Hantu Wanita Jepang Yang Brutal dan Menyeramkan (final part)

Ia terkadang hanya digambarkan sebagai sosok roh wanita yang tidak memunyai kaki dan tidak memunyai bentuk yang jelas. Namun banyak juga yang bilang wujud sebenarnya adalah sebuah bayangan wanita muda yang cantik dengan sebuah bel di leherny. Atau bahkan ada yang bilang wujudnya berupa seorang nenek tua yang keriput.

Sisi lain dari hantu ini adalah seorang bagsawan wanita muda yang cantik. Salah seorang penggemar yokai bernama Matthew Meyer bahkan membuat artwork yang indah mengenai kage onna ini dan mem-posting ke dalam akun etsy.com miliknya!

Kage-onna

Maka jangan meremehkan sebuah bayangan. Di tengah temaram rembulan sebuah bayangan mungkin akan mengawasimu dan itu bukan bayangan biasa. Bayangan itu adalah kage onna…. 😀 Hiyyy…. bisa jadi pertanda tuh kalau disitu banyak hantunya. Segeralah lakukan pengusiran agar roh jahat tidak mengganggu hidup kalian.