Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang Dewa Perang dalam Naruto kita sudah menuntaskan Bijuu yang ke-4 sampai 7, sekarang mari menjelaskan yang ke-7 sampai 9 atau terakhir. Baiklah, karena mungkin ada beberapa dari Minna-san yang penasaran, kita langsung saja hadirkan ulasannya. Cekidot!

 

  1. Yamata no Orochi

Naruto

Yamata no orochi atau si ekor delapan sangat terkenal di jepang. Bahkan musisi kondang jepang KITARO mengubahnya dalam alunan lagu berjudul Orochi atau “The Dragon Way”, menjadi sebuah petikan gitar dan suara merdu tuts piano serta nyanyian yang enak di dengar. Padahal, Yamata no orochi sendiri diilustrasikan sebagai sosok yang menyeramkan. Bentuk tubuhnya yang nyaris sama dengan hewan mitologi dari Negeri Tirai Bambu atau Cina bernama Naga. Hewan kebanggaan warga tiong hoa yang dipercaya adalah salah satu tunggangan atau kendaraan para dewa-dewi. Juga sekaligus binatang yang paling disakralkan, sama halnya dengan Sapi atau Kerbau di India, kemudian gajah putih di Thailand.

Kembali ke Yamata no Orochi. Dikatakan Yamata no orochi adalah Bijuu berbentuk ular. Dia memiliki mata berwarna merah darah yang bersinar terang, delapan ekor dan kepala (juga digambarkan dililit oleh akar belukar dan semak) dan memiliki kekuatan luar biasa hebat dari dunia iblis, simbol kejahatan. Setiap kepala Orochi melambangkan simbol: jiwa, hantu, kejahatan, iblis, dunia setelah kematian, dan kematian itu sendiri. Berbanding terbalik dengan Naga, hewan mitologi satu itu dianggap pembawa keberuntungan. Namun Yamato no orochi justru kebalikan dari naga tersebut, kehausan darah, kegelapam, bencana, malapetaka, serta segala sesuatu yang seram lain.

Kekuatan sebenarnya dari Orochi seharusnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan, menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada di dalamnya dan menjadi mahluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semuanya di dalam tubuhnya. Dengan kekuatan barunya, Orochi mengeluarkan kekuatan kegelapan yang amat besar sehingga membangunkan bijuu yang lain, dan menjadi arogan. Orochi mengalahkan banyak bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi. Alasannya sederhana: kekuatan Kyuubi tidak terbatas, membuat sebuah lubang pada Kusanagi yang bahkan Enma dan Sarutobi tidak bisa menggoresnya sedikitpun. Dalam legenda, dia menyamai Kyuubi dalam hal kekuatan, tetapi dia mempunyai batasan.

Panjang tubuhnya melebihi besar 8 gunung, dia adalah bijuu yang terbesar. Aslinya, dia lebih lemah dari Hokou dan Nekomata. Tetapi, itu 1000 tahun sebelum pejuang pemberani mencoba mengalahkannya dengan Kusanagi no Tsurugi. Dalam prosesnya pedang itu terserap oleh Orochi, lalu memperbesar kekuatannya secara masif. Setelah itu dia bebas menggunakan kekuatan pedang itu dari perutnya. Dia berasal dari medan perang kuno di Osaka. Kabarnya Yamata no Orochi disegel dalam tubuh Orochimaru. Ia sebenarnya sudah hampir diambil oleh Akatsuki, tetapi karena kekuatannya Akatsuki gagal mengambilnya dan Orochimaru pun keluar dari organisasi itu

Orochi bertarung 5 kali, menang atas Shukaku, Isonade, Kaku, Raijuu, dan kalah mengenaskan dari Kyuubi. Kemampuannya bisa memanggil roh-roh jahat dari dunia lain dan kekuatan dari Kusanagi. Kemampuan chakra/stamina dan fisiknya satu tingkat dibawah Kyuubi. Karena itulah Yamata no Orochi dianggap setan/iblis terkuat setelah kyuubi.

 

  1. Kyuubi

Capt. Kyuubi Adl Siluman Rubah Ekor Sembilan

Inilah petinggi terakhir dalam daftar mitologi dewa perang dalam serial anime naruto. Kyuubi merupakan Bijuu dengan bentuk rubah berekor sembilan dan merupakan yang terkuat diantara para Bijuu. Alasan kenapa dia sangat kuat amat sederhana: dia mempunyai chakra yang tidak terbatas, membuatnya pantas menyandang nama “Raja para Bijuu”. Kekuatannya berasal dari segel api miliknya. Setelah bertarung selama 100 tahun dengan Yamata no Orochi, segel itu menjadi kelelahan; tetapi Kyuubi masih bisa bertahan dan berdiri. Dia juga licik dan cerdas. Cara berbicaranya sangat sadistis dan sarkastik. Begitu pula kelakuannya.

Kyuubi no Yokou adalah Bijuu terkuat dalam Mitologi Jepang. Tubuhnya ditutupi bulu berwarna merah; Kyuubi melambangkan elemen api. Kemampuannya amat luar biasa. Karena belum pernah dikalahkan sekalipun oleh Youkai, kekuatan sebenarnya tidak bisa diukur. Ekornya mengeluarkan pusaran angin dengan cara diputar dengan cepat, satu hentakan ekor saja dapat menimbulkan gempa bumi dan tsunami, dan Kyuubi mampu merobek musuhnya dengan cakar raksasa miliknya. Bulu-bulunya bisa mengeluarkan bola api seperti meteor yang tak pernah habis, cukup untuk menghancurkan sebuah desa dengan cepat. Dalam peperangan 9 dewa, Hokou mengalami cedera parah, dan Nekomata hampir mati; bila tidak ditolong dewa kematian karena berani menantang Kyuubi. Yamata no Orochi bergantung pada Kusanagi no Tsurugi, pedang klan Kusanagi untuk mengalahkan Kyuubi, tetapi bisa dikalahkan dan mata pedang dari pedang tersebut menjadi retak. Padahal Sarutobi Sasuke, si ninja legendaris dan Enma si raja monyet tidak bisa menimbulkan goresan sedikitpun pada Kusanagi. Ini menggambarkan kekuatan Kyuubi yang luar biasa.

Di suatu tempat, Kyuubi terus menerus membunuh orang-orang yang ada di jalannya untuk mencari siapa yang membangunkannya. Yamata no Orochi tidak memberitahu siapa yang telah membangunkannya, walaupun ternyata Yamata no Orochi sendiri yang telah membangunkannya. Kyuubi hanya bertarung 4 kali dan semuanya dimenangkannya, yaitu melawan Nekomata dan Hokou, Raijuu, dan Yamata no Orochi.

Secara berurutan dari Shukaku ke Yamata no Orochi, mereka juga punya nama lain yang berdasarkan angka dari jumlah ekor mereka.

Berikut adalah penjelasan mendetail tentang hal terkait:

 

Shukaku : Ichibi

Nekomata: Nibi

Isonade: Sanbi

Sokou: Yonbi

Hokou: Gobi

Raijuu: Rokubi

Kaku: Sichibi

Yamata no Orochi: Hachibi

dan Kyuubi yang juga disebut Yoko

 

Huwah, tuntas juga akhirnya artikel tentang 9 dewa mitologi perang dalam serial anime dan manga terkenal, karangan Masashi Kishimoto. 😀

Panjang sekali ya, Minna-san? Sampai dipotong menjadi tiga bagian. Hehehe… tentu saja itu dilakukan agar Minna-san tidak malas dan bosan membacanya. 🙂 Lain kali Penulis akan ulas hal-hal unik terkait Naruto atau serial anime lain yang sama terkenalnya dengan Naruto. Maka dari itu jangan ke mana-mana ya! Stay tune terus di Akiba Nation.

SHARE
Previous articleGemar Jepang X Doki Doki Morning 2nd Anniversary Dimeriahkan Oleh Talent Lokal Super Keren
Next articleOshiya, Pekerja Paruh Waktu Yang Bertugas Mendorong Orang Masuk Ke Kereta
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.