Dunia Pokemon memang luas dengan banyak sekali karakter yang warna-warni sebanyak Pokemon dalam dunia itu. Akan tetapi ada satu karakter yang tak pernah terlihat, dari awal seri itu sampai sekarang, dan ia adalah Ayah Satoshi. Karakter yang begitu misterius karena tak hanya ia tak pernah muncul, tapi juga tidak dibicarakan. Tapi kini misteri akan ayah Satoshi itu mungkin telah terjawabkan… mungkin.

Memang aneh melihat ibunya rutin muncul dan bahkan kadang memegang peran penting, tapi ayahnya seperti sama sekali tidak ada eksistensinya. Dan hal tersebut membuat para fans membuat teori sendiri mengenai ayah Satoshi.

Menurut info canon sih, dikatakan kalau ayah Satoshi sendiri juga sedang melakukan perjalanan Pokemon sendiri seperti anaknya. Tapi kalau menurut satu teori dari para fans, mungkin ayah Satoshi sebenarnya selalu ada dalam cerita, mengikuti ungkapan Inggris Hidden in Plain Sight. Karena mungkin, bisa saja kalau ayah Satoshi/Ash… adalah Prof Okido/Oak!

Fans baik dari Jepang dan juga diluar sudah banyak menteorikan kemungkinan tersebut jika melihat penampilan kedua karakter tersebut dalam seri anime Pokemon. Karena mereka berdua sering sekali ditemukan tak jauh antara satu sama lain, dan tak hanya saat muncul bersama dalam bagian intro anime Pokemon.

Kedekatan Prof dan ibu Satoshi memang sejak dulu sudah suka dijadikan candaan meme di internet, dari mengatakan sang profesor mengirim Ash pergi supaya bisa “mendekati” ibunya, atau sejak awal ibu Satoshi mungkin selingkuh dengan sang profesor. Misteri ini jadi dilirik lagi oleh para fans, karena belum lama ini ditayangkan acara tv spesial untuk mempromosikan anime Pocket Monster baru.

Anime tersebut berisikan petualangan Satoshi dengan karakter baru bernama Gou di beragam region dunia Pokemon, termasuk region Galar yang terbaru. Disitu diperlihatkan bagan relasi antar karakter, dan pada panah yang bertuliskan hubungan orang tua dan anak, walaupun panahnya diarahkan kepada ibunya, Prof Oak/Okido menempel sebelahnya.

Walau bisa saja itu hanya disatukan karena tinggal di satu kota yang sama, tapi itu tetap hal yang aneh dan membuat fans bertanya-tanya apakah itu petunjuk rahasia yang mengatakan kalau si prof adalah ayah dari Satoshi.