Menguak Misteri Elizabeth di Gintama, Faktanya Sungguh Mengejutkan!

3
10610

Minasan pastinya kenal dong dengan animanga satu ini. Dengan gagasan utama cerita tentang invasi bumi oleh para alien dan ber-setting waktu di zaman Edo, membuat animanga Gintama mempunyai banyak penggemar. Menggunakan sudut pandang tokoh utama bernama Gintoki Sakata, berbagai kejadian lucu yang mengocok perut penonton pun terjadi. Tapi ada satu yang menarik nih dari serial Gintama. Akiba-chan dan Akiba-kei tahu tidak dengan makhluk aneh yang namanya ‘Elizabeth’? Nah, ada banyak misteri Elizabeth yang sampai saat ini belum terkuak dengan jelas.

Sedikit dari kita yang mengetahui tentang siapa sebenarnya Elizabeth, makhluk sejenis apa, dari mana asal-usulnya, dan apa tujuannya berada di bumi. Meski menyimpan sebuah misteri, tampilan fisik Elizabeth diakui banyak penggemar bahwa mereka merupakan makhluk yang sangatlah lucu. Dengan wujud semacam bebek atau penguin super-besar dan berbicara menggunakan papan bertuliskan kalimat membuat kesan humor dalam anime Gintama menjadi lebih terasa.

misteri elizabeth

Selama ini, yang diketahui oleh penonton, Elizabeth hanyalah tokoh aneh dan tidak penting. Di dalam cerita, Elizabeth seolah menjadi hewan peliharaan yang menempel terus pada majikannya. Katsura merupakan salah satu orang yang memiliki Elizabeth. Mereka sering berjalan bersama, menonton teve, main kartu uno, tanding catur, hingga menetap di tempat tinggal yang sama. Elizabeth juga sering mengobrol dengan Katsura, meskipun jawabannya sering kali nyeleneh dan bikin kesal.

Meski begitu, identitas asli Elizabeth masih sangatlah tersembunyi. Minasan sebagai penonton hanya bisa menduga siapa itu Elizabeth dan bagaimana wujud aslinya. Namun seiring jalannya cerita, identitas tentang makhluk tersebut mulai mendapat pencerahan sedikit demi sedikit. Hideaki Sorachi sebagai mangaka serial Gintama rupanya mulai menguak misteri Elizabeth. Walau pada kenyataannya, identitas makhluk tersebut belum bisa benar-benar terkuak.

Kini menjadi sebuah fakta yang mengejutkan bahwasannya Elizabeth bukanlah hewan peliharaan yang selayaknya diperlakukan begitu oleh Katsura. Mereka adalah misionaris yang bersembunyi dalam kedok kostum bebek atau penguin dan berusaha memperoleh banyak informasi untuk kemudian mengkudeta rezim yang berkuasa di bumi pada masa itu. Bisa dibilang, Elizabeth adalah musuh dalam selimut bagi umat manusia. Mereka datang membawa misi yang harus diselesaikan. Jangan pernah tertipu dengan wujud mereka yang menggemaskan!

Terhitung ada ratusan Elizabeth yang tersebar di berbagai pelosok Jepang. Wujudnya hampir sama, yakni bebek atau penguin berukuran besar. Yang membedakan di antara mereka hanyalah warna dan gaya rambut. Bersetting waktu di zaman Edo yang mana ilmu pengetahuan belum tereksplorasi dengan sangat baik menjadikan publik sulit membongkar misteri Elizabeth. Orang-orang hanya bisa beranggapan bahwa Elizabeth cuma sekelompok makhluk aneh yang menyerupai hewan dan tidak memiliki kecerdasan layaknya manusia. Padahal, tidak demikian adanya. Sangkaan penduduk salah besar.

Setidaknya, baru-baru ini diketahui identitas tentang empat jenis Elizabeth. Walau sesungguhnya, masih ada banyak hal yang mesti diamati dengan teliti agar bisa membocorkan identitas pasti tentang makhluk ini. Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian bisa mengeceknya di bawah tentang informasi sebagian kecil dari mereka. Yuk, disimak dengan cermat, ya! 🙂

Baca juga: Viral Macan Lucu, Inilah Hewan Peliharaan Dalam Anime yg Tak Kalah Lucunya!

Elizabeth Umum

Pada ulasan ini, Minasan boleh menamainya dengan ‘Elizabeth Umum’. Mengapa demikian? Karena Elizabeth tersebutlah yang pada umumnya selalu menemani Katsura. Elizabeth Umum dikatakan berada di samping Katsura mulai dari Selasa hingga Minggu. Ia libur di hari Senin. Banyak orang menyebutkan Elizabeth Umum diisi oleh seorang pria tua yang bertubuh gendut serta agak pendek. Dialah yang selama ini menemani Katsura dengan bebek atau penguin besar. Elizabeth Umum terhitung sebagai Elizabeth yang paling lama menemani Katsura.

Pernah sekali Katsura bertengkar dengan Elizabeth, dan bebek atau penguin super-besar tersebut kemudian dipindai menggunakan X-Ray (mungkin alat ini sudah ditemukan di zaman Edo, mengingat Jepang yang tercepat perkembangannya dalam bidang teknologi ketimbang negara lain) lalu ditemukan sosok seorang pria tua tersebut di dalamnya. Sejak itu, Katsura menyakini Elizabeth Umum memiliki istri dan anak.

Oh iya, di versi anime-nya, orang yang berada dalam kostum Elizabeth ini sering digambarkan sebagai Takamatsu Shinji, direktur dari produksi anime Gintama itu sendiri. Bisa dibilang, penggambaran tersebut ‘jatuh’-nya sebagai filler. Sebab meninjau di versi manga Gintama, tidak ada yang menganggap Elizabeth yang selama ini menemani Katsura adalah pak Takamatsu Shinji. Ini mungkin hanya keisengan pihak produksi saja, biar ada bumbu-bumbu yang bikin penggemar greget ketika nonton Gintama.

Elizabeth Senin

Mengapa dinamai hari yang mengingatkan kita akan betapa seramnya PR sekolah yang tidak terselesaikan? Jawabannya tidak lain karena Elizabeth ini yang menggantikan Elizabeth Umum menemani Katsura, namun hanya pada hari Senin. Boleh jadi Elizabeth Umum libur sehari untuk mengunjungi keluarganya, seperti yang diyakini oleh Katsura. Konon, nama aslinya bukanlah Senin, apalagi Younglex (makan bang?), melainkan ‘Eren’.

Eren merupakan seorang Jendral dari ras Renho dan menjalankan operasi rahasia di bumi dengan menyamar sebagai Elizabeth. Jendral Eren yang paling sering main kartu uno dengan Katsura dan mengobrol seputar masalah yang pelik. Satu lagi, Eren digosipkan pernah menjalin hubungan dengan Fumiko, seorang wanita seksi berambut cokelat kemerahan. Fumiko menyamar sebagai Elizabeth perempuan berpita pink.

Elizabeth Rusia

Di episode 173, Minasan akan melihat seekor Elizabeth yang berkomunikasi menggunakan Bintendo TS (plesetan dari Nintendo DS; nama sponsor wajib disensor jika kreator tidak mendapat jatah promosi) dan menggunakan huruf Rusia jika menuliskan isi pikirannya. Elizabeth ini tentu berbeda dengan Elizabeth pada umumnya, yang biasa menggunakan papan untuk menyampaikan jawaban. Digadang-gadang, Elizabeth Rusia merupakan Elizabeth palsu alias bukan diisi misionaris dari luar angkasa. (Kurang-lebih mirip sama mantan yang minta balikan, sama-sama palsu niatnya).

Elizabeth Roti Sobek

Suka roti sobek? Cinta sama papan cucian? Maka adopsilah Elizabeth yang satu ini. Dengan tubuh yang berotot, kekar, dan punya perut yang kotak-kotak, Elizabeth Roti Sobek boleh dikatakan sebagai Elizabeth paling menggairahkan di antara para Elizabeth di muka bumi. Entah bagaimana caranya ia mendapatkan tubuh yang sangat atletis seperti itu, tapi kenyataan bahwa dirinya selalu membawa senjata ke mana-mana dan sering berlaku anarkis membuat orang-orang jadi takut untuk mengadopsinya.

Nah, itulah misteri Elizabeth yang bikin kita semua penasaran. Akiba-chan dan Akiba-kei tertarik untuk mengadopsi yang mana nih? 😉 Kalau ada yang ingin disampaikan pada Penulis, jangan malu untuk meninggalkan komentarnya ya! Nanti Penulis baca deh. 😀

3 COMMENTS

    • Memang di versi manga-nya, tapi itu masih hipotesis juga, belum valid. Kayak dugaan bahwa Pangeran Dragonia hilang ingatan-lah atau apalah itu. :v Mangaka-nya sendiri belum ngasih pencerahan yang secerah-cerahnya. *insert brightness here* (Leluconku garing ya? :’v) Tapi hipotesis paling mendekati di versi anime-nya, seperti yang dituliskan di sini. :3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here