Ajang ratu sejagad, Miss World merupakan sebuah ajang yang sangat bergengsi di seluruh dunia. Wanita-wanita cantik dari ratusan negara setiap tahunnya selalu ikut serta dalam kontes kecantikan paling akbar ini. Ajang Miss World merupakan salah satu media yang dimanfaatkan untuk mempromosikan negara masing-masing ke seluruh pasang mata di dunia. Namun ada yang unik dari perhelatan Miss World 2016 yang diselenggarakan Desember 2016 lalu di Amerika Serikat. Salah satu peserta yaitu Miss World Japan 2016 Priyanka Yoshikawa, sempat menjadi kontroversi karena status warga negara. Kenapa, ya?

Miss World Japan
Sumber : https://thehimalayantimes.com/multimedia/photo-gallery/miss-world-japan-2016/

Miss World Japan 2016 Priyanka Yoshikawa lahir di Tokyo, 20 Januari 1994. Ayahnya merupakan orang berkebangsaan India dan ibunya berkebangsaan Jepang. Ayahnya yang bernama Arun Gosh datang ke Jepang lalu menikahi Naoko pada tahun 1985.

Baca juga : Ingin Mahir Bahasa Jepang dan Arab Sekaligus? Ini Caranya…

Priyanka dinobatkan menjadi Miss World Japan 2016 sekaligus mewakili Jepang dalam ajang Miss World 2016. Ia menjadi wanita kedua yang berhasil memenangkan kontes kecantikan di Jepang yang merupakan warga negara haafu (multirasial) setelah Miss Universe Japan 2015, Ariana Miyamoto yang merupakan wanita keturunan Jepang-Afrika-Amerika.

Priyanka memiliki nasib yang tidak jauh berbeda dengan Ariana. Kontroversi karena ‘darah’ yang tidak murni dari Jepang sempat menjadi viral karena kritikan dari berbagai pihak. Mereka dihujani banyak cacian dan rasisme akan status mereka yang merupakan keturunan asing. Wajah mereka juga dinilai tidak menggambarkan ciri khas Jepang yang memiliki kulit putih dan bermata sipit. Meskipun begitu, ternyata banyak juga pihak yang mendukung Priyanka. Mereka mengaggap bahwa statusnya yang merupakan ‘setengah Jepang’ bukanlah masalah yang besar asalkan hati dan jiwanya mencintai Jepang seutuhnya. Mereka juga menaruh harapan besar kepada Priyanka agar dapat membawa Jepang yang lebih baik di mata dunia.

Meskipun terjadi begitu banyak pro dan kontra, Priyanka mampu membuktikan kepada Jepang bahwa dirinya mampu berdiri bersama wanita cantik dan hebat lainnya di ajang Miss World 2016 lalu. Priyanka optimis bahwa dirinya dapat bersaing dan bisa membawa nama baik Jepang. Ternyata usahanya tidak sia-sia, ia berhasil masuk Top 20.

Berikuat ada video tentang Miss World Japan 2016 Priyanka Yoshikawa dan tanggapannya tentang kontroversi dirinya yang merupakan wanita ‘setengah Jepang’ tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=UhQQXAf61tQ