Miss HOKUSAI : Pahit-Manis Seniman Perempuan Zaman Edo

Keichii Hara featuring Production I.G. Production telah menjalankan project berupa sebuah anime yang tidak biasa. Anime berjudul Miss HOKUSAI ini  di adaptasi dari manga sejarah karya Sugiura Hinako dengan judul asli “Sarusuberi”. Dan sebuah video trailer nya baru saja diunggah kemarin dengan menampilkan lagu Saihate Ga Mitai yang dinyanyikan oleh Shiina Ringo.

Kolaborasi Shiina Ringo dalam sisi theme song anime sejenis ini memang bukan yang pertama kali dan tidak dipilih secara kebetulan. Sudah bertahun-tahun penyayi cantik tersebut selalu menyumbangkan lagu-lagunya untuk theme song anime berbau sejarah. Salah satunya adalah untuk Sakuran, anime tentang sepotong periode di sejarah jepang yang mengisahkan peran perempuan. Bisa dibilang ia adalah spesialis pengisi theme song anime sejarah. tak hanya itu, alasan lainnya, Sang mangaka Sugiura sebelum meninggal juga sudah mendengarkan lagu-lagu Shiina dan dirasa tidak keberatan bila dijadikan theme song.

Miss Hokusai bersetting di Edo tahun 1814. Edo (yang sekarang bernama Tokyo) adalah salah satu terbesar di Jepang. Masyarakatnya dihup dengan berbagai pekerjaan. Ada kaum samurai, petani bahkan sampai seniman. Di kota ini seorang seniman bernama Tetsuzo mengahbiskan seluruh hidup untuk mencipkatan karya-krya fenomenal dan terbaiknya dengan mengorbankan banyak waktu. Anak perempuan tetsuzo yang ketiga bernama O-Ei sepertinya mewarisi bakat sang ayah. Bahkan bisa dibilang, karya nya lebih indah dari sang ayah. O-Ei sering membantu ayahnya melukis, namun tetap, hasil lukisan tersebut dipajang atas nama ayahnya.

Lambat laun nanti, dikisahkan Tetsuzo semakin terkenal diseluruh dunia termasuk Eropa dengan pen name Katsushika Hokusai. Namun, sampai masa kini pun sangat sedikit orang diluar sana yang tidak tau bahwa ada seorang wanita yang berperan besar dalam mengangkat nama Tetsuzo. Membantu memberikan kontribusi karya karya indah dibawah naungan Tesuzo. ialah O-Ei. Ini adalah kisah seorang putri seniman Hokusai, gambaran hidup seorang wanita berdarah seni kental yang tertutup oleh nama ayahnya.

Dalam versi anime, O-Ei akan disuarakan oleh seiyuu Anna Watanabe. Dan beberapa seiyuu lain yang belum dijelaskan perannya antara lain Yutaka Matsushige, Gaku Hamada, Kengo Kora, Jun Miho, Shion Shimizu, Michitaka Tsutsui, Kumiko Asou, and Danshun Tatekawa.

Miss Hokusai 2

Miss Hokusai