Sejak beberapa waktu lalu, Korea Utara dan Jepang memiliki hubungan yang semakin memanas. Apalagi ditambah dengan peluncuran misil oleh Korea Utara kearah lautan Jepang. Ini sampai membuat negara Jepang melatih diri untuk bersiap menghadapi serangan macam itu. Akhir minggu lalu, Korea Utara lagi-lagi menembakkan misil ke Jepang. Untungnya misil tersebut tak kena secara fisik, tapi misil Korut ke Jepang itu secara tak langsung memberi kerusakan besar.

Persiapan yang dilakukan Jepang untuk menghadapi misil Korea Utara adalah melalui J-Alert System. Sistem peringatan kepada warga yang ada di Jepang untuk lekas berlindung apabila ada misil yang terbang mendekati Jepang.

Ini tak menghitung kemungkinan misil tersebut mengenai Jepang secara langsung atau tidak. Tapi sistem itu adalah sesuatu yang terdengar wajar untuk mencegah kerusakan bukan? Tapi misil Korut yang kemarin itu diluncurkan ke daerah Tohoku lagi pada jam 6.57 pagi. Saat waktu puncak tontonan acara pagi hari di Jepang.

Tontonan yang lumayan populer di negara Jepang, yang dikatakan memiliki 70% penonton yang menyimak berbagai acara tersebut. Mayoritas acara macam itu ditampilkan secara Live dan mengundang berbagai selebriti papan atas. Sesuatu yang pastinya memakan biaya yang besar untuk disiapkan dan dibuat.

misil korut

Dan disitulah masalahnya. Karena serangan misil dari Korea Utara itu, yang mengaktifkan sistem J-Alert, acara seperti itu perlu dibatalkan. Walau misil itu jatuh di laut Samudera Pasifik 2000 Km dari Jepang, dan tak meledak atau mengenai daratan dan merusak secara fisik seperti merusak gedung atau membunuh penduduk, tapi tetap memberikan kerugian yang sangat besar bagi berbagai TV network di Jepang, apalagi untuk yang swasta.

TV Network swasta bersiap akan serangan duit ke ad revenue mereka. Dan bayangan akan apa yang terjadi jika peringatan J-Alert menjadi hal yang semakin rutin. Seorang pembicara dari industri tersebut mengatakan kemungkinan bisa ada pemotongan harga untuk biaya advertising, dan kerusakan yang terjadi bisa mencapai milyaran Yen.

Wah merinding juga ya mina-san 🙁 walau tak kena tapi tetap bisa merusak..