Pada tahun baru 2019 kemarin, sang mangaka Shingeki no Kyojin, Isayama Hajime sensei, memberikan kabar seru dan menggembirakan dengan mengumumkan kalau dirinya telah beristri. Dan untuk tahun baru 2020 ini, ia memberikan kabar seru juga, walau agak lebih sedih. Karena Isayama sensei mengatakan kalau misinya untuk tahun 2020 ini, adalah untuk berusaha mentamatkan manga Shingeki.

Manga Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan buatan Isayama Hajime yang diterbitkan oleh Kodansha telah diserialisasikan di majalah manga Bessatsu Shonen Magazine. Manga tersebut menjadi semakin mendunia popularitasnya berkat adaptasi anime yang diproduksi oleh studio Wit.

Season pertamanya tayang tahun 2013, dan popularitas yang besar di seluruh dunia membuat anime itu mendapatkan kelanjutan. Dengan season 2 yang tayang tahun 2017, dan kemudian season 3 yang dibagi jadi 2 part yang tayang pada tahun 2018 dan 2019 kemarin.

Dengan serialisasinya yang dimulai tahun 2009, itu membuat seri Shingeki no Kyojin telah menginjak umur 10 tahun. Dan sudah ada tanda-tanda kalau seri itu semakin mendekati babak final sejak beberapa tahun belakangan ini.

Akhir dari manga Shingeki no Kyojin telah dibicarakan sejak tahun 2014, yang mengatakan kalau tadinya Isayama ingin mengakhiri manga Shingeki pada volume 16, tapi berubah pikiran karena ingin lebih mengembangkan sisi emosional para karakternya.

Dan pada bulan November 2018 kemarin, sepertinya akhir dari manga Shingeki telah diasah dan dikembangkan oleh Isayama, dengan dalam acara dokumentari Jounetsi Tairiku yang menampilkan sang mangaka, ia memperlihatkan draft kasar dari ilustrasi yang akan menjadi halaman terakhir dari manga Shingeki no Kyojin.

Dan pas setelah Natal 2019 kemarin, Twitter official dari Bessatsu Shonen Magazine memperlihatkan gambar buatan Isayama yang dikatakan sebagai aspirasinya untuk tahun 2020 ini. Dan disitu adalah gambar Eren yang berteriak “Rensai Kanryou!!” yang berarti Serialisasi Komplit.

Rasanya itu hampir bisa dipastikan kalau 2020 akan jadi tahun dimana seri Shingeki no Kyojin akan selesai, dan tak hanya dalam bentuk manga tapi juga anime, dengan pengumuman Final Season anime Attack on Titan juga diumumkan untuk tahun 2020 ini. Yaa asal jangan kayak Gintama ya 😀