Dalam dunia anime movie, ada beberapa nama yang kemungkinan besar sudah dikenal oleh minasan. Ada Studio Ghibli dan Miyazaki tentunya, tak ada fans anime yang tak tahu namanya 😉 lalu setelah dia ada yang tenar saat ini, Shinkai Makoto, berkat karya macam Kimi no Na wa, 5cm per Second, dan lain-lain. Dan ada satu nama lagi, Hosoda Mamoru. Dan bagi fans Hosoda, bergembiralah karena telah dirilis trailer Mirai no Mirai, karya film barunya.

Mina-san mungkin sudah tahu nama Hosoda dari movie fantasy/sci-fi keren macam Toki wo Kakeru Shoujo, Summer Wars, Bakemono no Ko, dan juga anime Wolf Children. Masing-masing movienya memiliki tema dalam ceritanya, dengan Toki wo Kakeru Shoujo bertema masa muda, dan setelah itu film-filmnya memiliki hubungan keluarga sebagai tema.

Dengan Summer Wars bertema kerjasama sesama anggota keluarga, Bakemono no Ko bertema Ayah, Wolf Children bertema Ibu. Dan projek anime movie terbarunya ini, memiliki hubungan kakak adik sebagai temanya.

Sebelumnya dikatakan kalau film ini berjudul Mirai, yang direncanakan akan dirilis bulan Mei 2018 nanti. Mengisahkan seorang anak lelaki yang belum biasa menjadi seorang kakak bagi adiknya, yang mengalami time travel ke masa lalu dan bertemu dengan ibu dan kakek buyutnya jaman dulu. Tapi ternyata, hasil akhirnya ada beberapa perbedaan.

Judul Mirai saat itu memang dibilang working title, jadi bisa berubah. Judul pastinya adalah Mirai no Mirai, yang berarti Mirai dari Masa Depan. Kisahnya juga mengalami sedikit perubahan. Dari trailer ditunjukkan kalau ternyata sang adik yang entah kenapa jadi time travel ke masa lalu, disaat sang kakak sedang merasa khawatir menjadi seorang kakak. Silahkan dicek trailer JP dan ENnya,

Selain itu, diumumkan kalau jadwal perilisannya juga berubah, dari bulan Mei menjadi 20 Juli 2018. Tapi selain itu, info lainnya sama. Anime ini disutradai dan ditulis oleh Hosoda, yang terinspirasi dari pengalamannya anak sulungnya sendiri yang cemburu akan adiknya.

Anime ini dianimasikan Studio Chizu, dengan berbagai nama projek Hosoda sebelumnya kembali lagi disini, seperti Saito Yuuichiro sebagai produser, Aoyama Hiroyuki dan Hata Ayako sebagai animation director, Takamatsu Yohei dan Omori Takashi sebagai art director.

Hosoda juga mengatakan kalau Mirai no Mirai lebih menekankan drama hubungan sesama, dengan suasana lebih mendekati Wolf Children dan Toki wo Kakeru Shoujo, dan lebih ringan action dibandingkan Summer Wars dan Bakemono no Ko.