Kita sudah melihat kalau fans sebuah karya bisa kreatif dan menciptakan sesuatu untuk menunjukkan apresiasi mereka pada karya tersebut. Bisa dalam bentuk digital seperti video animasi atau yang padat seperti game kartu analog. Kadang, yang padat bisa juga dalam bentuk figure buatan tangan sendiri. Contohnya seorang fans yang membuat mini chibi Miku, tapi bahannya ini lebih mantap lagi, dari Emas! 18 Karat!

Kreativitas fans vocaloid memang bisa disetarakan dengan fans Touhou. Seperti saat ada yang membuat VR simulasi untuk bisa date bersama Hatsune Miku. Kali ini, fans dengan nama user website Niconico raku membuat video yang menunjukkan fanmade works buatannya, figure mini chibi Miku dengan 3 tipe Metal. Salah satunya, emas 18 karat.

Video itu memperlihatkan proses pembuatan Miku tersebut. Diawali dengan pembuatan 3D model dari chibi Hatsune Miku itu. Yang kemudian modelnya dipakai untuk membuat mold dan prototype untuk mini Miku tersebut.

Chibi Miku

Setelah selesai, raku membuat Miku metal itu. Ia membuat tiga Miku, yaitu menggunakan Tembaga, kemudian menggunakan Perak, dan highlight video itu, memakai Emas. Hasilnya memang tak begitu besar, tapi tetap bagus untuk ukuran DIY. Mereka yang menontonnya juga menunjukkan kekaguman mereka pada raku melalui komen-komen.

Sesuatu yang keren memang. Tapi yang unik lagi, entah disengaja atau tidak karena raku tak memberi penjelasan, sebenarnya tahun 2017 ini adalah perayaan 10 Tahun umur Hatsune Miku, atau tepatnya pada tanggal 31 Agustus lalu. Yang sampai dirayakan juga oleh perusahaan figure Good Smile Company.

Good Smile baru-baru ini telah membuka pre-order untuk figure spesial 10 Tahun Hatsune Miku berskala 1:7, diberi nama 10th Anniversary version Memorial Box. Figure itu dijual seharga 23.148 Yen, yang disertai bonus berupa Commemorative Book setebal 390 halaman, dan akan dirilis pada bulan Desember tahun 2018 depan.

Dan sepertinya Good Smile tahu kalau Indonesia juga punya fans Miku dan banyak kolektor figure, karena mereka juga membuat iklan Facebook akan figure itu dalam bahasa Indonesia! wah berasa agak bangga nih 😀

Bagi mina-san yang mau figure Good Smile Miku itu, penutupan pre-order adalah pada tanggal 11 Januari 2018, lumayan lama. Tapi kalau figure emas 18 karat, mungkin mina-san bisa coba mempelajari cara buatnya melalui video raku itu 😉 siapa tahu bisa coba bikin sendiri juga.