Baru baru ini ada hal unik yang terdengar dari salah satu universitas ternama jepang. Mie University atau MIEDAI yang berada di kota Tsu, memang terkenal akan jurusan Homaniora dan Farmasinya. Tak heran bila setiap tahun banyak calon mahasiswa yang mengatri untuk dapat meraih ilmu di universitas ini.

Baca Juga: Keren! Sekolah Ninja Ala Naruto Dibuka Di Nara!

Menariknya, tahun ini Mie University bakal menjalankan rencana #busuk brilian untuk menjaring para calon mahasiswa mereka. Dikabarkan bahwa mereka akan mulai menerapkan “pelajaran ninja” sebagai salah satu sub untuk ujian masuk universitas. Katanya sih supaya mereka bisa mengukur kemampuan calon mahasiswa nggak cuman dari angka akademik doang. Yaa semacam ujian ala Naruto gitu deh. Kan nggak cuman sekedar nilai daiatas kertas tuh 😀

 

Nah menurut Professor Yuji Yamada, selaku salah satu guru besar Mie University mengatakan bahwa ujian masuk dengan sisipan pelajaran ninja ini nggak memakai fisik. Alias nggak perlu bertarung sampai ngeluarin jurus seribu bayangan. 😀 Namun ujian ini lebih menekankan pada skill calon mahasiswa untuk memahami sejarah nenek moyang jepang, kemampuan membaca dokumen sejarah dan seluk beluk komunikasi antar manusia.

Ujian fisik sih mungkin ada namun tidak sepenuhnya dibuat seperti ninja asli. Berjalan diatas air atau lempar shuriken misalnya. Nggak, nggak, bukan seperti itu. 😀 Ujian fisiknya lebih masuk akal dan manusiawi. Nggak heran sih. Sepertinya ujian tersebut emang berkaitana erat dengan jurusan utama yang mereka bina.

Mie University

Menanggapi pengumuman resmi dari Mie University tersebut banyak reaksi berdatangan baik dari para calon mahasiswa maupun orang tua. Bahkan netizen pun banyak yang ikutan ninbrung. Seperti misalnya “kedengarannya lebih menantang”, “kereeen….” atau ada juga yang nggak setuju “astaga, aku nggak mau punya gelar ninja sebagai ganti gelar sarjana ku.”

Bener juga sih. Tapi kalau akiba-chan dan akiba-kei ada yang minat masuk Humaniora nya Mie University nggak ada salahnya kok mencoba. Mau nggak mau kalau berminat kuliah di jepang emang kudu melalui tahap tes masuk kan? 😀 jangan khawatir, tes pejaran ninja ini hanya sebagai tambahan materi saja kok. Buat have fun, biar peserta tidak stress berat pas ngadepin soal. Jadi walaupun gagal di per-ninja-an kalian tetap punya harapan untuk lolos masuk Miedai 😀