Tahun telah berganti jadi 2021, dan saat yang pahit manis bagi fans animanga Gintama, dengan akhirnya anime terakhir dari seri tersebut ditayangkan dalam bentuk movie, Gintama The Final pada minggu kemarin. Tapi meskipun itu sebuah akhir, tetap saja berbagai promo dan hal menarik yang keren dan koplak bisa dikabarkan. Dari kejutan art Kimetsu kocak, trivia menarik mengenai Sorachi sang mangaka, dan lain-lain.

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi beberapa seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise yang tayang selama tahun 2006-2013. Kemudian dibuat sequel yang tayang tahun 2015-2018 yang dibuat oleh Bandai Namco Pictures sebanyak 102 episode yang terbagi dalam beberapa cour. Dan ada juga dua anime movie dan dua film adaptasi live-action.

Dan sekalian balik ke poin utama, pada tanggal 8 Januari 2021 kemarin Gintama merilis movie anime ketiganya yang juga menjadi finale dari anime Gintama. Dan perilisan movie finale tersebut terlihat meriah. Dengan berbagai trailer, PV, dan iklan seru dan kocak, seperti yang menggaet Sato Jiro dari Gintama live-action sebagai narator salah satu trailernya.

Belum lagi mereka juga menggaet Kimetsu no Yaiba, dengan dibagikan kartu bergambarkan karakter Kimetsu yang dibuat oleh Sorachi sang mangaka Gintama. Dan yang kocak adalah penonton Jepang menemukan kalau pada kartu karakter Himejima Gyoumei, yang ada malah Gintoki cosplay jadi Himejima, yang membercandai kalau keduanya diperankan Sugita Tomokazu.

Dan bicara soal Sorachi, ada trivia menarik dimana diumumkan kalau sebagai “misi terakhirnya” dalam seri Gintama, ia akan turun tangan mengisi suara memerankan karakter dalam movie itu, walau perannya dirahasiakan.

Sayangnya kita fans luar Jepang tak kebagian kemeriahan tersebut, tapi setidaknya kita tetap dapat menikmati perilisan music video dari dua lagu movie tersebut, Wadachi yang dinyanyikan band SPYAIR dan Douraku Shinjou yang dinyanyikan band DOES.