Sekarang sudah minggu kedua bulan Oktober, waktunya anime Fall Season mulai bermunculan. Kadang saat-saat seperti ini juga dipakai untuk menyelenggarakan campaign khusus untuk menarik minat dan perhatian para fans anime untuk menonton seri tersebut, seperti Koi to Uso dengan pemberian kondom gratisnya. Tapi kali ini anime yang lebih WOW lagi. Karena campaign Merchandize Fall Anime Dies Irae Bisa Bikin Kepala Fall alias jatuh karena dihukum mati.

Kenapa bisa begitu? Karena Merchandize yang dipakai untuk mempromosikan anime Dies Irae ini adalah sebuah Guillotine, yaitu alat untuk menghukum mati dengan memenggal kepala. Yang berukuran skala 1:1, dengan tinggi mencapai 250 cm, dan dasaran yang seluas 120×70 cm, dengan berat mencapai 100 kg. Berat itu kemungkinan karena badannya berbahan dasar kayu. Untungnya sih untuk belatinya bukan besi asli, tapi dibuat dengan bahan foam.

Ini karena Guillotine memiliki peran dalam kisah Dies Irae, sampai muncul juga pada salah satu visual animenya. Mengisahkan remaja bernama Fujii Ren yang diawal cerita memiliki mimpi buruk akan Guillotine. Yang terhubung dengan kembalinya Longinus Dreizehn Orden, hasil ritual sekelompok penyihir Nazi di Perang Dunia II, yang menghilang setelah berakhirnya Perang tersebut.

Dies Irae sendiri berawal dari game visual novel buatan Light yang pertama dirilis tahun 2007 lalu. Versi terbarunya dirilis untuk PSP dan Windows di tahun 2012 lalu. Dan Kemudian dirilis juga di mobile, untuk Android di tahun 2015 dan iOs di tahun 2016.

Animenya lumayan unik karena dibuat melalui crowfunding sebagai pengumpulan dana, yang dilakukan dari Juli 2015 dan berhasil mengumpulkan dana sampai 3x lipat dari target. Ini membuat penayangannya jadi tak seperti anime biasa. Yaitu dengan penayangan di TV dan net sebanyak 12 episode dan juga 6 extra episode yang ditayangkan hanya melalui online streaming. Dengan animasi dilakukan oleh Studio Genco.

Ppenayangan 12 Episode itu melalui internet juga terhubung dengan campaign promosi Guillotine ini. Karena bagi yang mau ikut undian untuk dapat kesempatan untuk memenangkannya, harus menonton episode 0-11 dari anime Dies Irae melalui streaming website AbemaTV.

Mereka yang mau memenangkan Guillotine itu perlu me-Tweet setiap episodenya dan follow Twitter milik AbemaTV. Dan mereka perlu punya ruang untuk meletakkan Guillotine besar itu dirumah mereka, dan bisa pergi ke Tokyo untuk menghadiri acara pemberiannya.

Dan ada yang keren juga dalam pemberiannya, karena sang pemenang akan mendapat kesempatan untuk diikat pada Guillotine itu dalam mock execution. Dengan Seiyuu dari karakter Marie dan penyanyi Opening anime Dies Irae, Sakakibara Yui, yang menjatuhkan belati Guillotine itu.

Jadi mereka yang mau punya Guillotine ini juga perlu bersabar. Karena syaratnya perlu menonton 12 episode atau 1 cour, akan memakan waktu 3 bulan, jadi pemberian Guillotine tersebut baru bisa dilakukan paling cepatnya tahun 2018 nanti. Siapa yang mauuu 😀

anime dies irae