Sudah lumayan diketahui sejak dulu kalau negara Jepang memiliki reputasi akan kreativitas dan kepandaian, yang terlihat dengan berbagai alat canggih yang dibuat disana. Tapi ada sebuah analisis yang dilakukan baru-baru ini, yang mencoba melihat bagaimana tingkat kepandaian negara-negara di seluruh dunia melalui berbagai faktor lainnya, dan entah mengejutkan atau tidak, ditemukan kalau Jepang adalah negara terpandai di dunia.

Analisis ini dilakukan oleh site asal Inggris bernama Vouchercloud. Mereka membuat list Top 25 negara terpandai, yang berdasarkan tiga kategori. Jumlah Nobel Prize yang melambangkan kepandaian masa lalu, IQ nasional yang melambangkan kepandaian masa kini, dan hasil nilai tes sekolah nasional yang melambangkan kepandaian generasi masa depan.

Dan seperti yang telah dikatakan, negara Jepang berhasil meraih posisi pertama dalam list, tapi menariknya adalah ranking mereka dalam tiga kategori tersebut bukan pada posisi atas. Jepang mencapai ranking 6 pada Nobel Prize, ranking 6 pada IQ, dan ranking 5 pada nilai tes sekolah. Tapi keseimbangan yang stabil pada semua kategori itu membuat mereka overall jadi negara terpandai.

Diperlihatkan kalau negara-negara Asia, terutama yang di timur, memberikan hasil yang begitu bagus dan menyaingi para negara Eropa dan Amerika yang dari kuantitas mendominasi list ini. Dengan China meraih posisi 3 dan Korea Selatan meraih posisi 10 terpandai.

Jepang juga jadi negara Asia tertinggi pada kategori Nobel Prize pada ranking 6, seri dengan Switzerland. Sementara China meraih ranking 2 tertinggi pada kategori IQ, dan Korea Selatan meraih ranking 2 tertinggi pada nilai tes sekolah, mengalahkan Jepang pada dua kategori itu.

Sayangnya negara kita Indonesia sama sekali tidak masuk pada list ini, begitu juga dengan banyak negara Asia Tenggara dan Asia yang lain. Tapi yang mungkin bisa sedikit membanggakan adalah ada satu negara Asia Tenggara yang masuk list, tetangga kita Singapore, dengan nilai yang menarik.

Ternyata, Singapore mengalahkan Jepang, China, Korsel pada kategori IQ nasional dan nilai sekolah, karena mereka menempati ranking pertama pada kedua kategori itu! Tapi sayangnya overall mereka menempati posisi 25 alias terbawah dalam list Top 25 negara terpandai, karena mereka jatuh dalam kategori Nobel Prize dimana mereka menempati ranking 73.