Menjalin Sportifitas Di Undoukai 2015 Surabaya!!

aku tak akan melepaskannya
aku tak akan melepaskannya

1…..2…….3…….4……..5…….6……7……..8……..

1…….2…….3……4……..5…….6……..7……..8…….

Agar tubuh tetap sehat, pola makan yang bagus dan cukup olahraga memang tidak boleh diremehkan. Di Jepang, kegiatan olahraga di sekolah SD – SMA merupakan salah satu kegiatan penting agar para murid tetap sehat dan belajar mengenai sikap sportifitas dalam kehidupan sehari hari. Yaaaa nama kegiatan itu adalah “Undoukai”. Berasal dari kanji Undou yang berarti “melatih/latihan/olahraga” dan Kai yang memiliki arti “pertemuan”, Undoukai = pertemuan olahraga/festival olahraga. Tepatnya pada tanggal 15 Februari kemarin tepatnya di Gedung Olahraga Unair C, masyarakat Jepang yang tinggal di Surabaya bekerja sama dengan beberapa mahasiswa untuk membuat acara undoukai bagi mahasiswa bahasa jepang beberapa universitas di surabaya.

Semangat para peserta
Semangat para peserta

Partisipan dalam undoukai ini adalah Mahasiswa dan Mahasiswa Program Studi Pend. Bahasa Jepang dan Bahasa Jepang Murni Unair, Unesa, Untag dan Unitomo. Sedangkan panitianya adalah Native Speaker Jepang yang mengajar maupun menempuh kuliah di masing masing universitas, serta beberapa volunteer mahasiswa. Keseruannya nggak kalah dengan event event lainnya lhoo.. yukk langsung aja lihat hasil jepret jepretan Akiba Nation.

Kerahkan seluruh tenaga
Bersiaplahhhh!!!
Tarikk tarikkkk~~
Tarikk tarikkkk~~

Tentu saja dengan nama undoukai, kegiatan olahraganya dilakukan dengan cara kegiatan olahraga di jepang pada umumnya. Hal ini juga bertujuan agar para pembelajar bahasa jepang lebih memahami budaya dan bagaimana cara melakukan kegiatan yang menyehatkan sambil belajar. Belajar disini tidak lain adalah bahasa jepang serta huruf huruf kanji sederhana yang sudah diajarkan di lembaga universitas masing-masing.

Saling bahu membahu untuk mempertahankan tali. Ayoooo ayooo jangan menyerah!!

Perjuangan nihhh~
Perjuangan nihhh~
Tidak lupa untuk tetep belajar kanji
Tidak lupa untuk tetep belajar kanji
akirametakunai!! aku tidak ingin menyerahhhhhh
akirametakunai!! aku tidak ingin menyerahhhhhh
dorong teruss hingga garis finish
dorong teruss hingga garis finish
harus kompak nih bawa bolanya
harus kompak nih bawa bolanya

Jalan terus
Jalan terus

Memasukkan bola dalam keranjang Memasukan Bola

Belajar huruf kanji juga
Belajar huruf kanji juga

Seruuu n mengasyikkann yahhh.. Para pendukungnya juga nggak mau kalah suara lho, mereka terus meneriakkan tim masing masing untuk menyemangati para peserta. Semoga acara bagus dan asyik ini ke depannya menambah peserta hingga tingkat nasional ya.. >.<