Yo wassup, akiba-chan dan akiba-kei. Hari ini mimin bakal berbagi pengalaman tentang makanan enak. Hehe. Pas banget nih buat kalian yang hobi icip-icip makanan, atau yang suka bingung mau makan dimana pas lagi laper. 😀

Kemarin, karna mimin nggak bawa bekal makan, jadinya berburu makanan di sekitaran kantor. Yah nasib ya gitu pengen makan enak tapi bosen sama masakan itu-itu aja. Nah, kebetulan temen mimin bilang ada resto jepang baru bernama EBISU RESTO di sekitaran Jl. Darmo – Surabaya, akhirnya mimin kepo dong. Pengen nyobain suasa baru sambil isi perut ala anak hits. Hehee.

Nggak nyangka Ebisu Resto letaknya di dalam Mercure Hotel! Alamak… rada keder gimana gitu masa masuk buat nyari makan doang. 😀 Eh ternyata emang terbuka buat umum lho. Begitu nyampe sana mimin langsung bilang ke resepsionis, takutnya kudu laporan dulu. nggak taunya langsung ditunjukin aja jalan menuju restonya. Ehehehe. Jadi nggak perlu bingung kesana cuman buat ‘kunjungan makan’.

Ebisu Resto Akiba Nation
suasana di Ebisu, klasik dan nyaman…

Sampai ditujuan masih sepi. Barusan buka euy. Rasa lapar membuat mimin nggak ambil pusing dalam memilih menu. Jadi setelah pesanan fix, sambil nunggu hidangan datang, mimin bertiga sama temen sekantor akhirnya memutuskan untuk berselfie ria.  EBISU Resto tempatnya nyaman, lumayan luas dan punya tatanan yang unik. Di depan pintu masuknya berbentuk mon sehingga membuat pengunjung berasa masuk dunia lain. Kalau kalian pernah nonton Ghibli – Sen to Chihiro no Kamikakushi, kira-kira seperti itulah feel jepang yang melekat. Selain bisa dibuat nongkrong ala anak hits, kalian juga bisa lho ngadain rapat, pesta atau jamuan disini. Apalagi yah, tiap weekend ada penawaran spesial all you can eat. Tambah bikin sip aja buat pemburu makanan seperti mimin.

ebisu

Di Ebisu Resto, tempat duduknya terbuat dari kayu, ada juga sih yang bentuk sofa tapi mimin lebih suka aura klasik dari kayunya. Lampu-lampu yang menerangi nampak seperti lampion, plus di sana juga dilengkapi ornamen jepang seperti lukisan dan bunga sakura. Psst… bagian yang mimin suka lagi, kalau beruntung kalian bisa melihat chef teppanyaki beraksi secara live! Asik nggak tuh.

IMG-20160824-WA0010

Nggak butuh waktu lama, pesenan mimin udah berbaris rapi di meja. Tampilannya yang menggoda berasa minta cepet-cepet masuk perut. Tapi untungnya mimin sempet foto beberapa kali. 😀 Kemarin mimin nyobain 4 menu berbeda, dipilih berdasarkan selera. Hahaha. Langsung aja deh, cus dibahas satu persatu ya.

Chicken Teriyaki

WhatsApp Image 2016-08-25 at 11.19.48

Pertama kali lihat, warnanya cakep. ‘rengit-rengit’ kalo orang jawa bilang. 😀 Ayamnya dibakar kecokelatan dengan sedikit warna hitam diluar. Bagian dalam matang dg sempurna, aduh bikin ngiler. Daan….. Jengjeeeng bisa ditebak, empuk sekali saat masuk di mulut. Bumbunya meresap sampai ke dalam menghasilkan rasa gurih yang pas. Kayaknya bakal lebih sempurna lagi bila disajikan sebagai pendamping nasi panas. Dijamin kepengen nambah terus.

Yakisoba

IMG-20160825-WA0005

Dari namanya udah ketahuan ya. Menu yang satu ini berupa mie goreng. Pernah makan mie dengan berbagai irisan sayur dan ayam? Nggak jauh beda kok. Cuman ini bumbunya lebih enak, nggak pedes, plus dagingnya banyak banget. Diatasnya masih ada katsuoboshi. Nyam nyaaammm…. Mie nya juga nggak keras kayak mie kriting bikinan sendiri gitu yee hahaha. Menurut mimin kurangnya dari yakisoba ala Ebisu tersebut hanya satu: bawang gorengnya masih bejibun. Jadi menyengat pas dimakan.

California Roll

IMG-20160824-WA0006

Akhinya giliran nyipin sushi~ yeiy~. Nggak bisa kompromi kalo soal sushi. Begitu masuk mulut langsung di gossipin soal rasanya. Hahaha. Fyi, buat yang susah bedain isi dan nama-nama sushi, mimin kasih sedikit keterangan *cieileh*. California Roll adalah sushi yang terdiri daging kepiting, avocado, mentimun dan kamaboko. Diatasnya diberi wijen atau tobiko (telur ikan) sebagai taburan.

Dari penampilan shushi nya biasa sih. Tertolong warna tobiko yang jadi taburan. Untung nggak pake wijen. Hahaha. Pelengkapnya ada pasta wasabi dan acar jahe putih. Mimin biasa dapet acar jahe merah yang emang lebih sedap dan juga lebih bisa menetralisir rasa hambar saat bersading dengan sushi. Tapi enaknya California roll dari Ebisu resto ini dia pake real crab meat dan nggak pake kamaboko. Pas masuk mulut sih mimin berasa kayak makan daging udang mentah. Krenyes tapi amis. Makanya tidak disarankan buat kalian yang nggak suka amis. Karena rasanya beneran cuma dari isiannya, jangan ngarep ada bumbu tertentu di dalem sushi roll lho ya. 😀

Jika kalian pengen mendapatkan citarasa mantep bisa deh di mix sama shoyu dan wasabi. Lumayan berlimpah wasabi yang tersedia diatas piring. Bisa buat mengeluarkan napas naga. Ohohoho.

Niku Udon

 

WhatsApp Image 2016-08-25 at 11.50.01

Ini sang juara. Toppingnya banyaaak. Suka suka suka. Ada konbu yang melimpah, irisan daging, negi, bahkan crab stick. Terus beraroma agak kuat sih tapi si kuah udon ini seger banget, kaldu dan shoyu nya menyatu. Udon (mie besar) nya juga lembut, meskipun mimin makannya nunggu dingin, tetep kenyal tuh, nggak gembung lembek. Sayangnya sih kalau buat mimin, dagingnya masih terlalu tebel jadi rada susah makannya. Di menu sih tertulis “disajikan dengan irisan daging tipis” tapi ini nggak tipis rek…hahaha. Antara harus seneng karna dagingnya tebel atau sedih karna susah gigitnya.

Plus… yang terakhir, entah kenapa ada sayur bokchoy. Mungkin supaya tetep ‘berbau’ Indonesia kali ya, atau ciri khas dari resto ini sendiri. Padahal kuah dan udonnya udah mantep. Opsi sih ini, bisa jadi nilai plus buat yang suka sayur, tapi juga bisa jadi rada aneh buat yang kebiasaan makan honmono udon tanpa tambahan apapun kecuali irisan negi.

  • Samuel Deddy Djatmiko

    Wow.. kayaknya enak itu.. *tiba-tiba lapar*