Menikah memang bukan perkara mudah. Apalagi buat orang jepang yang  kehidupan sehari-harinya serba mahal. Plus harus memindahkan nama keluarga menjadi nama baru. Butuh persiapan yang matang dan panjang. Jauh banget dengan pernikahan ala anime yang digambarkan sangat mudah dan singkat. Misalnya di anime Sailor Moon tuh, tinggal pencet tombol sudah ganti kostum menjadi versi wedding yang megah.

Tetapi jangan berkecil hati dahulu yang pengen nikah sama orang jepang. Karena meskipun pernikahan disana tidak mudah, setidaknya bakalan ada satu bentuk layanan publik yang lumayan menghibur. Ya, aslinya nggak membantu dalam hal apapun sih, cuma meringankan kadar stress kalian yang mau menikah. Hehe.

smwedding (1)

Sebelum masuk membahas layanan apa itu, kalian pasti udah pada tahu kan? Kalau di jepang itu sebelum menikah harus mendaftarkan diri dulu? Di Indonesia juga sama sih, tetapi agak beda karena kalo disini bisa langsung. Kalian dateng ke KUA, bawa berkas lengkap, isi, jadi, diakadin, Sah! Lha kalau di Jepang kalian harus mengisi surat menyurat yang lumayan panjang. Nah, Layanan ini berhubungan dengan surat pendaftaran tersebut. Berupa sebuah desain elegan  untuk registration form yang biasa disebut Konin Todoke (婚姻). Selama ini Konin Todoke disajikan dengan bentuk biasa aja. Seperti lemaran kertas putih dengan tulisan kanji berjubel. Bosenin banget kan jadinya.

smwedding (1)

Mungkin karena alasan itu pula, pihak pengurus perihal pernikahan di Jepang menerbitkan Konin Todoke dengan desain lain dari pada yang lain. Nggak tanggung-tanggung, tahun ini mereka menerbitkan desain Konin Todoke yang berkolaborasi dengan serial populer SAILOR MOON (美少女戦士セーラームー). Ada empat macam desain berbeda yang disajikan dalam official website mereka diantaranya yang memperlihatkan Usagi Tsukino dan Chiba Mamoru di depan altar, desain ini di dominasi dengan warna hijau dan putih yang segar. Bikin semangat saat mengisi formulirnya. Hehe. Lalu ada juga yang memperlihatkan mereka berdua berciuman di bawah sinar rembulan dengan background basic hitam dan biru tua, sangat romantis. Selain itu dua desain berikutnya dibuat khas Usagi berwarna pink dan emas, so elegant.

Untuk kalian yang berminat menikah di Negeri Sakura boleh banget nih mencoba membeli Konin Todoke ini. Harganya cukup bersahabat di kantong, hanya dengan merogok kocek 3.000 Yen atau sekitar Rp. 348.000,- saja kalian sudah bisa memiliki desain unik yang tiada duanya ini. Hmm… tapi kalau dibandingkan dengan di Indo mahal sih ya, kan di Indo gratis, hahaha, paling beli form nya ga sampe seratus rebu 😀

smwedding (2) smwedding (3) smwedding (4)10191711_5624a5b02215d