Mengunjungi “Kampung Yandere” Di Jepang

Penampakan Kampung Yandere di Jepang

Konnichiwa minna-san ^^ Siapa aja disini yang udah pernah ke Jepang ya?? Hmmm… waktu minna-san ke Jepang, minna-san kemana aja? Pasti ke Tokyo, Nagoya, Fuji, Hokkaido, Kyoto, Osaka, dan yang pasti Akihabara, hayoo ngaku deh… wakakakak

Nama-nama tempat yang saya sebutin diatas memang bagus-bagus dan layak dikunjungi, tapi ada satu daerah di Jepang yang banyak dikenal sebagai “Kampung Yandere“! Hiiii!!! Ngapain kesitu?! Eit! Sabar dulu, nama “Kampung Yandere” disini bukan berarti kampung itu dipenuhi para Yandere, bukan, tapi gara-gara kampung ini menjadi latar dari anime Higurashi No Naku Koro Ni, dimana di anime tersebut banyak tokoh yanderenya

Sebelum saya memperkenalkan “Kampung Yandere” ini, ada baiknya bila saya menjelaskan terlebih dahulu kepada minna-san apa itu yandere, buat yang udah baca, skip aja paragraf ini gak apa-apa ^^.  Yandere adalah singkatan dari Yanderu yang berarti gangguan mental dan dere-dere yang artinya perasaan cinta. Jadi yandere adalah sebutan untuk sifat dalam karakter anime yang melambangkan perasaan cinta meluap-luap yang dibarengi dengan gangguan mental. Oya, para tokoh yandere dari luar nampaknya lembut dan malu-malu, dan mereka eksis didunia nyata, jadi hati-hati ketemu mereka ya, minna-san.   Contoh kasus nih: Rini cinta sama Chris, tapi Chris punya temen namanya Lina. Jika Rini adalah seorang yandere, maka dia bisa aja bunuh Lina sehingga Rini bisa mencintai Chris sepenuhnya.

Tokoh yandere terkenal, Yuno Gasai
Tokoh yandere terkenal, Yuno Gasai

Nampaknya penjelasan yandere diatas sudah cukup jelas ya.  sekarang saatnya akan saya beberkan beberapa hal terkait “kampung yandere” di Jepang ini, simak dengan baik ya ^^

1. Terletak di Shirakawa-go, Gifu

Pasti adem disana
Pasti adem disana

Ya, kampung yandere ini lebih tepatnya terletak di Shirakawa-go, Distrik Ono, Prefektur Gifu, dan letaknya seakan diapit oleh beberapa perbukitan besar. Terpencil kah? Tentu tidak ^^ karena saya pernah ke Nagoya, dan penduduk Nagoya yang ramah menjelaskan bahwa kita dapat sampai ke Shirakawa dengan menaiki bis dari Nagoya ke desa Takayama yang memakan waktu sekitar 2 jam, kemudian naik bis lagi ke Shirakawa-go yang memakan waktu sekitar 2 jam pula. Berarti perjalanan memakan waktu kurang lebih 4 jam. Capek nggak? Waduh saya kurang tau! Kapan-kapan kesana bareng yuk XD. Tapi jangan lupa siapin duit untuk tiket masuk ya, anak-anak dikenakan biaya 150 yen(sekitar 16 ribu Rupiah) sedangkan dewasa dikenakan biaya 300 yen(sekitar 32 ribu Rupiah)

2.  Sebagai latar dari anime terkenal

Kisah mereka tidak secantik tampang mereka
Kisah mereka tidak secantik tampang mereka

Siapa aja dari minna-san yang pernah menonton kisah mereka?? Buat anda-anda yang suka anime bergenre misteri dan mitos, Higurashi No Naku Koro Ni cocok untuk anda. Shirakawa-go, Gifu, yang di anime-nya diganti namanya menjadi Hinamizawa, dikenal banyak orang sebagai sebagai “kampung yandere” akibat ulah para tokoh diatas, terutama pada tokoh-tokoh cewenya. Mereka nampaknya cantik, lucu, baik (yaelah tokoh anime dibilang cantik -_-) namun beberapa dari mereka kalau membunuh orang lain tidak tanggung-tanggung lo! Penasaran? Tonton saja kisah mereka, cuma 2 season kok ^^

3.  Di-notice senpai UNESCO

Rumah Gassho-Zukuri
Rumah Gassho-Zukuri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Shirakawa-go ternyata dinyatakan sebagai UNESCO’s World Heritage Sites atau bila di-Indonesia-kan, berarti salah satu tempat wrisan budaya dunia lho! Shirakawa-go diberikan gelar tersebut karena disana terdapat banyak rumah tradisional Jepang yang dinamakan Gassho-Zukuri, yang dibangun untuk menerima cahaya matahari dengan baik dan memanfaatkan angin gunung dengan sebaik-baiknya, namun fungsi utamanya adalah untuk berlindung dari salju besar, apalagi badai

4. Yuki-Onna, engkau disini? 

Duh bagusnya...
Duh bagusnya…

Salju kan tidak hanya turun di Shirakawa-Go saja, tapi kenapa rumah Gassho-Zukuri hanya dibangun di Shirakawa-Go saja? Karena Shirakawa-Go merupakan daerah utama hujan salju besar didunia dan banyak yang mengatakan Shirakawa-Go sebagai tempat paling bersalju di Jepang. Nah pertanyaannya sekarang, kenapa Shirakawa-Go menjadi tempat paling bersalju? Sedangkan letaknya lebih dekat ke selatan. Yah… mana kutahu… Mungkin Yuki Onna ada disitu kali, jadi kalau kesana hati-hati ya, jangan sampai ketangkap yuki-onna! Ahahaha bercanda kok ^^v

5. Jadi kalau kita sudah disana? Apa yang bisa dilakukan?

Jika kita sudah sampai sana, kita dapat memasuki rumah-rumah tradisional tersebut untuk mengintip isinya, namun tentu saja kita harus izin kepada pemilik rumahnya dulu. Atau bila kita sungkan, kita dapat membeli tiket untuk masuk ke rumah-rumah tradisional besar yang memang disediakan untuk dimasuki para pengunjung hanya dengan membayar sekitar 50 ribu Rupiah saja. Selain itu, kita dapat membeli beberapa souvenir dan barang-barang bertema Higurashi No Naku Koro Ni disana, selebihnya ada pada galeri gambar dibawah, selamat menikmati ^^

Isi rumah Gassho-Zukuri
Isi rumah Gassho-Zukuri

 

Salah satu contoh toko souvenir di Shirakawa-go
Salah satu contoh toko souvenir di Shirakawa-go

 

Salah satu pernak pernik Higurashi No naku Koro Ni yang menggambarkan salah satu tokohnya, Sonozaki Mion
Salah satu pernak pernik Higurashi No naku Koro Ni yang menggambarkan salah satu tokohnya, Sonozaki Mion

 

view of hinamizawa comparison
Shirakawa-go(atas) dan Shirakawa-Go di anime Higurashi No Naku Koro Ni, Hinamizawa(bawah)

 

Dan Video diatas adalah trailer dari Higurashi No Naku Koro Ni. Buat minna-san yang penasaran lebih dalam mengenai anime ini, bisa lihat detailnya di sini

Gimana minna-san? Ada yang sudah tertarik utnuk pergi ke Shirakawa-Go? Kalau ada yang mau berangkat kesana, jangan lupa ajak-ajak ya ^^