Halo Akiba-kei dan Akiba-chan, pernah gak kepikiran untuk punya hape Jepang? atau mungkin pernah baca kalo beli HP di Jepang itu susah, ribet, dan mahal? Dulu mimin pernah baca artikel-artikel soal HP Jepang, mulai dari kalo beli HP, chargernya dijual terpisah, maupun nggak bisa ngirim SMS. Bener nggak sih? Yuk kita simak yang satu ini..

1. Pembelian HP

docomo-au-sb

Pembelian HP di Jepang tidak sama seperti di Indonesia. Dimana kalau di Indonesia kita bisa membelinya di counter mana saja, lalu bebas memilih provider (Simpati, XL, 3, dll) apapun. Apabila di Indonesia kita terbiasa dengan memilih tipe HP yang akan kita beli terlebih dahulu baru memilih provider, bahkan setelah 1 bulan kita tidak cocok dengan providernya (entah sinyalnya lemah, harga pulsa mahal, dll) maka kita bisa membeli lagi provider lain yang kita inginkan dengan harga terjangkau tanpa perlu mengganti HP. Maka tak jarang banyak teman kita yang sms “eh, aku ganti nomer ini. yang lama hapus aja. chika.” iya nggak niiih?? hehehe

Nah, di Jepang sebaliknya. Kita harus memilih provider apa yang kita inginkan (Softbank, Docomo, Au) kemudian mendatangi counter provider tersebut dan memilih tipe HP. Karena kali ini HP yang admin beli adalah Softbank, jadi admin jadikan sample yah.. Setelah mendatangi counter provider tersebut. Kita disuruh memilih ingin membeli tipe HP yang seperti apa. Ada Smartphone, iPhone, dan Garake (HP lipat buka tutup).

2. Perbedaan 3 Jenis tipe HP Jepang secara garis besar

Gara Keitai atau disingkat Garake - Akiba Nation -
Gara Keitai atau disingkat Garake – Akiba Nation –

Sudah admin jelaskan diatas bahwa ada 3 jenis tipe HP. Namun apa sih perbedaannya?

  • Garake

Garake merupakan jenis HP yang paling murah. Kini sudah jarang orang Jepang yang menggunakannya. Desain buka tutupnya menggambarkan image Jepang, sehingga banyak turis asing dari Eropa yang lebih menyukai garake. Bisa digunakan untuk internet, tetapi agak susah dalam mendownload beberapa aplikasi sosial media.

  • iPhone

iPhone merupakan produk dari apple yang banyak digunakan oleh orang Jepang. iPhone tidak sama dengan smartphone dimana iPhone tidak memiliki kartu memori eksternal yang bisa dilepas dan bisa digunakan untuk mengcopy data dari laptop menggunakan cardreader, meskipun iphone memiliki memori internal yang besar. iPhone juga tidak memiliki layanan playstore pada smartphone, applikasi ini digantikan dengan appstore milik iphone. Orang yang biasanya menggunakan smartphone mungkin akan kesulitan dalam hal memindahkan data dari laptop ke HP. Karena fitur iPhone yang tidak memiliki memori eksternal, serta jika memindahkan data melalui kabel USB pun diperlukan mendownload applikasi khusus dari apple. iPhone juga tidak bisa menerima file dari bluetooth HP lain selain sesama iPhone.

  • Smartphone

Smartphone merupakan HP yang dikenal cukup mahal di Jepang. Berkisar sekitar 7mang atau 7-8 juta rupiah. Tidak seperti di Indonesia yang memiliki banyak sekali merk iphone mulai dari samsung hingga merk cina yang bisa didapatkan dengan harga murah, Smartphone yang di jual di counter memiliki merk yang terbatas seperti merk Aquos, digno, dan honeybee. Fitur yang ditawarkanpun sangat menarik dan praktis. Yaitu melalui smartphone Anda bisa melihat seberapa besar tagihan listrik, air, gas, serta tagihan lain yang Anda harus bayarkan perbulan!!

3. Harga yang harus dibayarkan untuk HP dan pulsa

Bungkusan HP yang rapi - Akiba Nation -
Bungkusan HP yang rapi – Akiba Nation –

Ada beberapa jenis pilihan yang ditawarkan untuk membayar HP serta pulsa. Dimana sistem pulsa di Jepang adalah pascabayar. Meliputi penggunaan telepon serta internet.

Pilihan yang ditawarkan adalah membayar harga HP tersebut secara tunai di muka, kemudian melakukan pembayaran pulsa saja di setiap akhir bulan. Atau menyicil HP tersebut selama 2 tahun (tidak boleh lebih atau kurang dari 2 tahun) yang dinamakan sistem kontrak. Apabila Anda menggunakan sistem kontrak maka tagihan yang harus dikeluarkan perbulan adalah harga pulsa sebulan (sekitar 6ribu yen) dan harga cicilan HP perbulannya (untuk iphone sekitar 2ribu yen) selama 2 tahun atau 24 bulan. Bagaimana jika hanya tinggal di Jepang setahun apakah bisa menggunakan sistem kontrak? Bisa. Hanya saja sebelum Anda pulang kembali ke negara Anda, diwajibkan untuk membayar uang sisa cicilan HP yang belum Anda bayarkan, untuk kasus 1 tahun tinggal di Jepang tinggal kalikan saja 2ribu yen dikali 12 bulan. Mudah kan? Keuntungan dari sistem kontrak ini adalah bagi Anda yang belum mempunyai uang untuk membeli HP namun sangat membutuhkannya, pertama kali Anda hanya dikenakan biaya 0 yen untuk membawa HP baru tersebut ke rumah. Karena tagihan bulan pertama akan dibayarkan pada akhir bulan berikutnya. Pembayaran dilakukan secara otomatis melalui rekening bank Anda (tanpa perlu Anda yang melakukannya), apabila rekening bank Anda sedang kosong atau bermasalah saat dilakukan penarikan otomatis maka akan ada surat yang menyuruh Anda untuk membayarkan tagihan HP sebesar xxx di minimarket terdekat.

4. Syarat dan Ketentuan

Ketentuan pembelian HP - Akiba Nation -
Ketentuan pembelian HP – Akiba Nation –

Tidak seperti pembelian HP di Indonesia yang asal bayar saja langsung beres. Anda harus menandatangani beberapa lembar syarat dan ketentuan, menunjukkan KTP serta buku rekening bank Anda untuk difotokopi, serta alamat rumah yang jelas untuk dikirimi tagihan apabila rekening bank Anda kosong. Anda juga dapat memilih 4 angka terakhir di HP Anda dengan angka yang Anda inginkan (apabila masih tersedia). Dan diwajibkan membuat alamat email untuk kontak Anda.

5. Disajikan langsung bersama Charger dan Headset! Jadi jangan Khawatir

Charger dan Headset -Akiba Nation-
Charger dan Headset -Akiba Nation-

Jadi ternyata tidak seperti artikel yang admin baca sebelumnya, pas beli HP admin langsung tanya ke mbak penjualnya “langsung dapet charger kan mbak?” dan di jawab oleh mbak nya “iya kok. jangan khawatir”.

6. Satu alat ini yang tidak ada di Indonesia!!

Alat "penyodok" - Akiba Nation -
Alat “penyodok” – Akiba Nation -3 Provider di Jepang – Akiba Nation –

Lagi-lagi beda dengan HP di Indonesia, yang apabila untuk mengeluarkan SIM maka perlu untuk membuka casing bahkan mencopot baterai HP. Untuk NanoSIM ini, diperlukan alat kecil untuk dimasukkan kelubang HP dan jajang~ keluarlah kartu SIMnya!!

7. Akan ada banyak majalah terkait Provider/HP tersebut

Banyak majalah dengan Cover yang menarik - Akiba Nation -
Banyak majalah dengan Cover yang menarik – Akiba Nation –

Untuk membeli HP Anda akan diberi atau dapat mengambil sendiri majalah gratis terkait penggunaan HP maupun penjelasan provider tersebut. Apalagi bagi Anda yang pemula, maka akan mendapatkan majalah yang lebih banyak lagi. Namun sayangnya, semua majalah itu disajikan dalam bahasa Jepang. Untuk tampilan jenis tipe HP pun tidak ditunjukkan berapa harganya. Jadi Anda harus menanyainya langsung di counter tersebut.

8. Pembelian HP = Snack Gratis!!

Beli HP di Jepang dapet gratisan snack lho - Akiba Nation -
Beli HP di Jepang dapet gratisan snack lho – Akiba Nation –

Ini dia nih salah satu budaya unik yang pertama kali bikin kaget. Ketika Anda selesai membeli HP maka Anda akan diberikan 2 tas provider. Yang 1 berisikan HP serta segala macam tetek bengek kertas, dan yang satu lagi adalah 2 macam snack gratis! Mungkin ini sebagai salah satu simbol di Jepang yang ingin menunjukkan kualitas pelayanannya. Tapi buat beberapa orang yang nggak bisa makan snacknya ataupun orang yang nggak seberapa peduli dengan snacknya mungkin akan mikir “duh mbak, gak butuh snack. dibalikin aja ya tapi HP saya di kasih diskon” heheheh

Gimana? Jadi ingin lanjut memiliki HP Jepang?

Nah begitulah artikel mengenai beberapa point mengenai HP di Jepang yang gak bakalan kamu temuin poin-poin diatas di artikel lain dimanapun selain di Akiba Nation. Tetep stay tune yah di Akiba Nation terutama di kategori Live in Japan yang pastinya akan terus menyiarkan berita-berita langsung live gress dari Jepang. Sampai ketemu di artikel berikutnya!!

SHARE
Previous article“KIMI USO” Debut, Akhiri Serial Manganya
Next article4 Kegiatan Inspiratif Para Tera Gaaru!!!
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~
  • Yoga Pradipta

    bagus ya artikelnya.. kayaknya enak hidup di jepang..
    tapi iphone kan udah ada di Indonesia juga, apa yg di dapat saat membeli iphone juga sama kok min, termasuk alat untuk membuka tempat simcard.

  • Jabar Wicaksono Sukmasae

    Kayak di Amerika aja pake sistem kontrak — Verizon, AT&T — (Kalo nggak salah baca)

  • argatougozaimasu senpai artikelnya cukup membantu, saya mau request artikel tentang merubah no hp indo ke no hp jepang ? kalau ada mohon di share ya ?