Negara Jepang memiliki banyak sekali tempat yang seru untuk dikunjungi. Dan kalau wisatanya untuk makanan, ada buanyakk sekali yang bisa dicek. Tapi salah satu yang terpopuler adalah Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo, yang telah dikunjungi dan juga disiarkan oleh TV channel turisme manca negara. Akan tetapi dimana ada awal ada juga akhir, dan walau sedih, pasar ikan di Jepang yang sangat ternama itu akan ditutup.

Pasar Tsukiji adalah salah satu pasar ikan yang paling terkenal tak hanya di Tokyo dan Jepang tapi juga dunia, dan juga merupakan pasar ikan terbesar di dunia. Pasar tersebut dibuka sejak tahun 1935, membuat pasar tersebut tahun ini mencapai umur 83 tahun.

Yang membuat pasar ikan tsukiji ini begitu populer tak hanya ikan-ikan yang dijual disitu, tapi juga Acara Lelang Tuna yang terkenal. Dan pada akhir minggu kemarin, pasar tersebut melaksanakan Lelang Tuna terakhirnya, sebelum pasar tersebut direlokasikan ke Toyosu. Tapi kenapa mereka pindah?

Dikatakan kalau pemindahan ini didorong oleh kekhawatiran akan kualitas kebersihan dan keamanan akan gempa dan kebakaran. Sebenarnya pemindahan ini telah direncanakan untuk dilakukan sejak 2016 lalu, tapi kena hambatan jadi diundur terus. Salah satunya karena tanah lokasi barunya di Toyosu ditemukan terkontaminasi.

Agak sedih melihat lokasi yang begitu ikonik dan terkenal ini hilang. Dengan pasar tersebut akan resmi ditutup pada tanggal 29 September besok, dan pasar ikan Toyosu yang baru akan dibuka pada tanggal 11 Oktober.

pasar ikan tsukiji

TAPI ada sesuatu yang menarik, karena ternyata relokasi ini tidak 100 persen juga. Karena pada awal bulan ini diumumkan kalau yang direlokasikan adalah bagian tempat lelang, yang merupakan bagian dalam pasar tersebut.

Para pedagang dan restoran yang beroperasi pada bagian luar pasar mengadakan campaign yang mengatakan kalau mereka akan tetap ada disitu. Untuk mempertahankan suasana ramai bersejarah dari pasar tersebut.

Sementara itu, telah diumumkan perubahan yang akan diberlakukan pada bekas pasar tersebut. Yaitu akan dijadikan tempat Pusat Transportasi untuk event besar Olimpiade Tokyo dan Paralympic 2020, dan kemudian akan dikembangkan ulang lagi.

Comments