Kenal dengan PD Cosplay? Buat kamu fans coser luar udah pasti tau dong siapa PD. Ya, PD (begitu sebutannya) merupakan cosplayer yang berasal dari Thailand. Iya berbakat dengan cosplaynya menjadi karakter-karakter ikemen idaman wanita. Baru-baru ini PD hadir di salah satu event di Jakarta dan pada kesempatan itu Akiba team berkesempatan untuk berbincang dengan PD. Ingin mengenal sosok PD lebih dekat? So let’s check it out!

IMG_20160507_165014

 

Akiba : Hi PD! Kamu memiliki nama yang unik yaa, sebenarnya PD itu kepanjangan dari apa sih?

PD : Nama pena saya sebelumnya adalah PoppinD…. Saya selalu memakainya dimana saja seperti untuk game/blog/signature. Lalu saya mulai masuk ke dunia cosplay, saya pikir nama yang pendek akan lebih mudah diingat itulah mengapa saya mengubahnya menjadi PD.

Akiba :  Kalau boleh tau kapan sih kamu mulai ber-cosplay? Karakter apa yang pertama kali kamu cosplay-kan?

PD : Saya memulai cosplay sejak tahun 2007, karakter pertama yang saya cosplay-kan adalah Baku-Zang dari anime D-Gray Man.

pd

Akiba : Dari semua cosplay yang sudah kamu cosplay-kan, karakter apa sih yang menjadi favorit kamu?

PD : Saya menyukai semua karakter yang sudah saya cosplay-kan dan semua karakter tersebut memang karakter favorit saya juga…. Menurut saya Jack Frost adalah karakter terbaik yang pernah saya cosplay-kan di waktu yang lalu, tapi saat ini cosplay favorit saya adalah Doutakuni Masakuni dari Touken Ranbu.

10366255_515122671922451_6648789763551218369_n

 

Akiba : Di timeline page Facebook, kamu pernah mempos perbedaan coplay Baku-Zang kamu di tahun 2007 dan 2015, dan kami melihat perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan cosplay  kamu yang sekarang. Apa yang menjadi motivasi kamu untuk bisa bercosplay sehebat sekarang?

PD : Saya selalu ingin melakukan yang terbaik yang saya bisa. Saya ingin melihat siapapun yang meyukai karakter ini, saat melihat saya akan berkata “wow… kamu sangat mirip dengan karakter aslinya”. Saya ingin memberikan kesan yang baik. Saya suka merubah wajah saya menjadi sebuah karakter baik itu melalui make-up maupun pendalaman karakter itu sendiri.

12022450_691713104263406_5651684666754577755_o (1)

Akiba : Cosplay kamu yang paling terkenal di Indonesia adalah Minho dari The Maze Runner, menurut kamu seperti apa sih Minho itu? Kenapa kamu meng-cosplaykan karakter tersebut?

PD : Saya sangat suka dia!!! lol. Bahkan saya ingn mencoba membuat costume barunya dengan menggunakan bahan kulit.

12733973_750558708378845_1424692153634569417_n

 

Akiba : Siapa sih inspirasi kamu dalam bercosplay?

PD : Inspirasi pertama datang dari Yuegene Fay. Saya sudah sering melihat blognya saat saya masih muda. Dia sangat multi talenta. Saya sudah mengenalnya cukup lama dan sampai saat ini dia masih menjadi idol untuk saya.

Akiba : Ceritakan dong pengalaman terbaik dan terburuk kamu di dunia cosplay ini!

PD : Pengalaman paling terbaik yang pernah saya alami selama bercosplay adalah memenangkan kompetisi cosplay menjadi juara pertama bersama tim cosplay saya, untuk pengalaman buruknya…. saya rasa belum ada lol…

Akiba : Kalau boleh tau, apakah kamu membuat kostummu sendiri?  Menurutmu kostum apa yang paling susah dibuat?

PD : Saya mulai membuat sendiri baru 1 tahun, dan kostum pertama yang saya buat sendiri adalah Doutanuki….. yep menurut saya kostum itu susah dibuat.

12496476_738135689621147_482790374926788207_o

Akiba : Dengar-dengar kamu suka Indomie ya? Suka rasa apa? Kok bisa suka sama Indomie?

PD : Pertama kali saya mendapat indomie dari seorang fans pada sebuah acara di Jakarta tahun lalu, ia mengatakan saya harus mencobanya! Kalau ditanya suka rasa apa….. Saya suka semuanya!

Akiba : Terakhir, PD ada tips nggak buat para fans dalam bercosplay? Mulai dari bagaimana kamu make-up atau menata wig kamu dan bagaimana menciptakan angle terbaik dalam berfoto?

PD : Mengenai wig, menurut saya jangan takut untuk menata wig kamu sendiri. Kamu harus belajar bagaimana memotong dan membenarkan wig kamu sendiri agar sesuai dengan yang kamu inginkan, karena wig itu dipakai di kepalamu sendiri. Jangan juga menambahkan hal-hal lain pada wig kamu (seperti wax / jel) karena itu akan membuat wig kamu menjadi tambah berat dan membuat kamu susah untuk menata wig kamu. Kamu juga bisa wig kamu menggunakan shampo dengan secara perlahan.

Mengenai angle dalam berfoto… Saya rasa itu bergantung pada karakternya. Kalau saya cosplay sebagai karakter laki-laki yang cool  saya harus mengarahkan wajah saya sekitar 45 derajat untuk menunjukkan dagu dan rahang saya. Arahakan pundak kamu agak ke atas dan terlihat lebar, berposelah seolah-olah kamu punya kaki yang panjang. Hal tersebut merupakan poin-poin dalam bercosplay karakter laki-laki. Karena saya jarang bercosplay menjadi karakter perempuan tapi menurut saya poin foto karakter jenis ini adalah pipi dan mata hahahaha

Yup! Sekian bincang-bincang kami dengan PD Cosplay. Jangan lupa follow akun  media sosialnya yaa :

PD Cosplay Facebook

PD Cosplay Twitter

PD Cosplay Instagram