Selamat jalan Shigeru Mizuki mungkin ucapan yang sesuai untuk saat ini. Seorang legenda komikus Jepang Shigeru Mizuki meninggal dunia tepat hari senin lalu(30/11). Shigeru Mizuki meninggal diusianya yang menginjak 93 tahun karena gagal jantung di rumah sakit Tokyo setelah jatuh dan pingsan akibat serangan jantung dirumahnya. Kepergiannya meninggalkan kesedihan bagi keluarga, kerabat sesama komikus, sastrawan dan para penggemar anime “Ge Ge Ge no Kitaro”.

Mizukisensei (2)

Sekilas mengenai perjalanan hidup seorang Shigeru Mizuki sebagai seorang komikus. Selepas perjuangannya saat bertahan hidup dalam sebuah peperangan di Papua Nugini puluhan tahun lalu, Mizuki memutuskan untuk kembali ke Jepang dan memutuskan untuk berkarya melalui hobinya yang suka menggambar. Ketika beliau berumur 40 tahun terciptalah sebuah manga yang mengangkat tema yokai. Manga yang diciptakannya ini menjadi popular dan meraih banyak perhatian publik. Yokai atau Youkai merupakan sebutan untuk monster yang berasal dari cerita rakyat Jepang. Mereka hidup ratusan tahun lamanya dan merupakan makhluk magis yang hidup di antara roh dan daging.

Shigeru Mizuki berhasil mengemas yokai kedalam sebuah manga seri “Ge Ge Ge”  dengan cerita yang apik, mengedukasi dan lucu dimana jauh dari kesan menakutkan layaknya bentuk monster sungguhan yang berukuran raksasa maupun makhluk halus dengan wajah yang sangat mengerikan.

Mizukisensei (8) Mizukisensei (4)

Keberhasilannya dalam mengangkat cerita rakyat Jepang dengan visualisasi manga yang memiliki karakter lucu dan unik, karya Mizuki yang satu ini berlanjut dengan diangkat kedalam sebuah anime serial tv, layar lebar dan kedalam video game.

Bukan hanya penghargaan untuk karya “Ge Ge Ge” dari keterampilannya sebagai seorang komikus dan kartunis saja, tetapi juga karya Mizuki yang lainnya sebagai seorang biographer, penulis, dan illustrator turut mendapatkan perhatian dengan diraihnya beberapa penghargaan mulai dari tingkat nasional sampai dengan tingkat internasional.

Karena prestasi dan keteguhannya dalam berkarya maka sepanjang jalan Sakaiminato didedikasikan untuknya dengan didirikan seratus patung yang terbuat dari perunggu dengan karakter hantu dan monster yang muncul dalam setiap cerita manga maupun animenya. Tak hanya patung, tetapi juga museum yang menampilkan kreasi dan karya-karyanya.

Mizukisensei (9) Mizukisensei (6) Mizukisensei (3)

Di Mizuki Shigeru Museum contohnya, pengunjung dapat merasakan keberadaan yokai melalui cetakan kubik, suara, efek pencahayaan, dan membuat visualisasi yokai melalui gambar bergerak yang menggunakan tiga layar besar.

Terima kasih Mizuki atas kerja kerasmu untuk perkembangan seni kartun di Jepang. Sudah saatnya kau beristirahat dengan tenang disana. Semua yang telah kau lakukan akan menjadi kenangan yang indah dan akan menjadi inspirasi bagi kami para generasi muda yang ingin menjadi komikus yang handal sepertimu.

Nah jika akiba-chan dan akiba-kei ingin dan bahkan berada di Jepang saat ini, jangan lupa berkunjung ke Tottori, Sakaiminato street ya. Sekitar 30 menit dari stasiun JR Matsue ke stasiun JR Yonago. Kemudian dari Yonago menuju stasiun JR Sakaiminato dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan kereta, dan kurang dari 1 menit berjalan kakilah dari stasiun JR Sakaiminato dan rasakan sensasi menakutkan ala Shigeru Mizuki.

Mizukisensei (1)

Mizukisensei (5)