Sara Tousa Bao

Sekali lagi Sara datang  ke Indonesia dan pada kesempatan tersebut tim Akiba Nation berkesempatan untuk mendengar cerita tentang dia, kehidupan cosplaynya, dan tidak lupa CC. Sara – Taosa Bao atau yang sering disebut dengan Sara Senpai adalah cosplayer cowok yang berasal dari Singapur. Cosplay-nya mulai terkenal setelah ia bercosplay menjadi Aomine (Kuroko no Basuke).

sara4
Source : Google.com

Bagi Sara, cosplay tidak hanya sekedar hobi, namun sekarang telah menjadi bentuk baru dari sebuah kesenian. Melakukan cosplay adalah cara seseorang untuk mengekspresikan diri mereka, perasaan mereka, dan sebuah cara untuk mengekspreikan karakter anime/manga/game yang mereka sukai, itu mengapa sekarang banyak orang mulai membuat peluang untuk menjadikan cosplay sebagai sebuh profesi. Sekarang cosplay telah berkembang tidak hanya sekedar menjadi sebuah hobi namun hal yang lebih dari itu dan dia berharap untuk bisa melihat cosplay lebih berkembang lagi.

sara2
Source : Sara – Taosa Bao Facebook

Salah satu cosplay yang menjadi favoritnya adalah Pegasus Ryu Sei (Saint Seiya) namun ia jarang untuk membawanya ke luar negeri  karena property armornya terlalu besar, dan dia membutuhkan lebih dari 2 tas untuk bisa membawanya. Kita juga masih sedikit sekali melihat fotonya bercosplay dengan kostum tersebut, Namun jangan khawatir, ia mempunyai kejutan untuk para fansnya terkait dengan cosplay Saint Seiya-nya.

Berbicara soal cosplay-nya sebagai Ryu Sei, apakah kamu masih ingat dengan perjalanan yang ia lakukan ke Jepang? Sebenarnya ia pergi ke sana tidak hanya untuk berlibur, tetapi ia juga diundang untuk menjadi MC penampilan konser Live band visual key. Di sana ia memiliki teman yang juga merupakan anggota grup band dari UCHUSENTAI : NOIZ. Dia diminta untuk berkolaborasi dengan mereka menggunaan kostum Ryu Sei, walaupun ia tidak bernyanyi, Ia bercerita bahwa ia banyak belajar dan menemukan hal menarik. Ia akhirnya mengetahui bahwa para anggota di band visual key harus melakukan make up secara mandiri, bahkan mereka harus membawa kaca mereka senidiri. Sebuah cerita menarik ia ceritakan bahwa ia merasakan bagaiamana rasanya untuk makan di kelontong gerobak ramen pinggir jalan bersama dengan teman-temannya dari band UCHUSENTAI:NOIZ persis seperti apa yang sering kita lihat di anime atau dorama. Ia mengatakan “Setidaknya mimpiku utnuk bisa satu parnggung terwujud, walaupun saya tidak bernyanyi”.

SARA1
Source : Sara – Taosa Bao Facebook

Kita semua tau bahwa ia mempunyai seorang sahabat, CC. CC merupakan boneka pemberian ibunya untuk Sara. Bagi Sara, CC adalah mainan favoritnya. Jika kamu mem-follow instagramnya, ia banyak memfoto CC dan memberikan caption #365daysofCC. Ia berkata bahwa ia membuatnya untuk membuat catatan harian CC dalam setahun, kemana ia pergi dan apa saya yang dia lakukan. Sebenarnya hal tersebut merupakan permintaan dari para fans, karena mereka sering melihat foto CC, namun dengan tema yang tidak konsisten, oleh karena itu para fans meminta Sara untuk memfotonya dan meng-uploadnya satu hari sekali.

Terakhir, ia memberikan tips untuk bisa ber-cosplay dengan baik. Tips terbaik yang ia berikan adalah menurutnya jangan selalu membandingkan cosplay kamu dengan orang lain atau karakter yang sama di-cosplay-kan oleh orang lain. “Hal terpenting adalah jika kamu sudah memili feeling bagaimana karakter tersebut harus di-cosplay-kan, maka kamu harus melakukannya berdasarkan apa yang kamu pikirkan. Sangat penting untuk bisa mengekspresikan dirimu dalam cosplay, karena mungkin hasilnya akan lebih baik dibandingkan jika kamu membandingkan dirimu dengan cosplay orang lain, karena pada akhirnya secara tidak langsung kamu akan mengkopi mereka dan kamu tidak cosplay sesuai dengan dirimu sendiri. Jika kamu memang ingin membandingkan cosplay kamu, bandingkan dengan cosplay kamu yang sebelumnya dengan begitu kamu akan berkembang dengan sendirinya. Menurut saya, itu adalah cara terbaik untuk bisa menikmati hobi ini” kata Sara.