Negara Jepang terkenal dalam hal teknologi dan kreativitas, yang bisa digabungkan menjadi teknologi A.I. dan robot. Dan dari situ jadi muncul berbagai produk menarik, seperti mainan robot Doraemon yang bisa mengajarkan basic programming kepada anak-anak, atau alat gadget waifu GateBox. Dan seperti menggabungkan hal-hal itu, adalah produk robot bartender Sake mantan gravure idol ini.

Produk tersebut diberi nama Oshaku Paradise Shaku Oshaku yang dibuat oleh perusahaan mainan terkenal Bandai. Alasan banyaknya kata Shaku pada “robot” itu adalah karena kata Shaku memiliki arti menuangkan sake, dan juga karena selebriti yang dipakai sebagai model robot tersebut, yang bernama Shaku Yumiko.

Shaku Yumiko itu sendiri adalah wanita cantik dengan karir yang menarik, dengan saat ini ia menjadi artis dan model, dan juga seorang penulis buku dan mantan gravure idol, dan dulunya juga kadang mengisi suara.

Contoh perannya adalah pengisi suara Aya Brea dalam game Parasite Eve II versi 1999, guest character Kitajima Yuko dalam Kamen Rider Zi-O, dan juga pernah tampil dalam dua film Godzilla era awal tahun 2000an.

Tapi sekalian balik ke topik utama, produk robot Oshaku itu sendiri adalah produk lama yang dirilis tahun 2000an, membuatnya hampir bisa dibilang barang antik. Bentuknya berupa sang model yang menjadi bartender sebuah bar kecil, walau detailnya tak begitu mirip. Tapi fans Shaku Yumiko tetap dapat merasa ditemani olehnya, melalui suaranya.

Robot itu memiliki rekaman sampai 100 line dialog Shaku Yumiko, yang bisa berbicara tergantung situasinya. Seperti saat ia menuangkan sake atau beer, dimana robot itu melakukannya dengan “tangan” raksasa pada sebelah kirinya, yang bisa berputar dan menuangkannya pada gelas yang diletakkan pada bagian tengah, tepat depan barnya.

Tapi robot ini juga tak begitu canggih, yang agak pantas karena dirilisnya hampir 18 tahunan lalu, ia tak otomatis berhenti menuangkan minumannya. Jadi saat sudah cukup perlu ditekan tombol merah sebelah kiri gelasnya agar berhenti dan tidak luber. Overall, memang produk “mainan robot” yang kreatif dan menarik, walau kuno.