Halo para Akiba-kei dan Akiba-chan. Libur Lebaran sudah selesai ya. Yang pulang kampung sudah perlu balik lagi ke kantor atau sekolah atau tempat lain lagi. Tapi tetap semangat ya. Seperti orang Jepang yang bekerja tahan banting. Mulai dari yang perusahaan besar sampai kecil, bahkan juga yang membuat game. Dari yang besar macam Nintendo hingga yang kecil/indie. Ngomong-ngomong soal itu, berita kali ini juga berhubungan soal itu. Bukan mengenai game, tapi mengenai game developer. Sebentar lagi akan dirilis Branching Paths, sebuah video documentary mengenai seluk beluk industri game indie/doujin di Jepang.

BranchingPaths_youtube

Akiba-kei dan Akiba-chan, siapa yang bermimpi untuk membuat atau terlibat dalam membuat video game? Mungkin agak banyak ya. Berbeda dengan jaman dulu, sekarang ini sudah mulai banyak game developer indie berkat perkembangan teknologi dan fasilitas. Internet dan website seperti Kickstarter dan Steam dan Appstore membuat produksi dan distribusi game-game indie semakin mudah dan cepat dilakukan. Di Jepang, game indie sudah lama ada. Game-game ini biasa disebut dengan Doujin game atau Doujin Soft. Mayoritas game jenis ini dibuat untuk PC, dan banyak dijual dalam event Comiket.

branching-comiket

Branching Paths: A journey through Japan’s indie game scene, adalah documentary perjalanan industri Doujin game dari tahun 2013. Tahun ketika event Tokyo Game Show pertama kalinya mulai memberikan sorotan kepada industri doujin dengan menampilkan beberapa doujin game. Video ini disutradai oleh jurnalis, Anne Ferrero, dengan musik yang ditangani oleh Low High Who?, dan diproduksi oleh ASSEMBLAGE. Documentary ini akan dirilis pada tanggal 29 Juli 2016, dan dapat dibeli melalui Steam, Playism, dan iTunes, seharga 980 Yen atau 9.99 Dollar. Trailernya juga baru-baru ini dirilis.

Cekidot

Lumayan banyak developer yang tampil dalam documentary ini. Bahkan juga nama besar seperti Inafune Keiji dari seri Mega Man dan Igarashi Kouji dari seri Castlevania. Keduanya keluar dari perusahaan besar untuk mendirikan perusahaan game indie mereka sendiri. Dan kalau soal game indie atau doujin, nama yang terkenal di Jepang adalah ZUN, yang banyak terlihat dalam trailer Branching Paths. Sejak tahun 1996 ia telah membuat seri game Touhou Project. Dan sampai sekarangpun masih secara indie membuat game Touhou seorang diri. Meskipun sudah dilihat betapa terkenal dan populernya game Touhou, yang telah menyebar ke berbagai media dan console.

BranchingPaths_zun

Kita nantikan rilisnya akhir bulan ini ya. Bagi kalian yang tertarik atau sedang membuat game sendiri, semoga video documentary ini bisa menjadi sumber referensi atau inspirasi atau motivasi 😉