Melihat Sejarah Japanese Girl’s Rock (Part 1)

Mari kita sedikit membahas tentang sejarah, kalo sejarah yang satu ini pastinya gak akan kalian lewatkan. Karena disini akan membahas sejarah tentang musisi cewek di Jepang. Mungkin jika ada ynah bilang musisi cewek, pasti langsung mikirnya idol semua ya? dengan wajah cantik, lucu dan imut. Yah, emang gak bisa dipungkiri, kalau Jepang merupakan produsen tersukses dalam mengeluarkan Pop princess. Dan posisinya gak akan tergoyahkan dalam waktu dekat ini.

Namun tak semua penyanyi cewek/musisi cewek di Jepang meraih kesuksesan melalui Sistem manajemen bintang Idol. Sebenarnya kebintangan dari para Girl’s Rock ini sudah melambung dan mengalir sejak hampir tiga dekade lalu, dan hingga sekarang pun, beberapa warisan yang mengikuti jejaknya pun masih bisa kita rasakan.

Memang sih sebelum tahun 80an, industri musik di Jepang didominasi oleh Penyanyi-penyanyi solo yang membawakan lagu pop maupun Lagu tradisional Enka. Namun perubahan terjadi saat Band-band rock bermunculan, dan itu juga dikenal dengan sebutan “Band Boom” di sana. Band-band rock yang terkenal pada saat itu diantaranya adalah Jun Sky Walkers dan Boowy yang memulai debutnya pada 1980 dan langsung meluncur ke papan atas Charts.

Tapi tetap kedua Grup itu masih beranggotakan para Pria. Barulah pada tahun 1987 untuk pertama kalinya All-Female rock band Princess Princess mengeluarkan rilisan perdananya dan menandai lahirnya pergerakan Girl’s Rock di Jepang.

Suara sang Vokalis Kaori Oku yang unik, Serak-serak seperti halnya penyanyi rock yang populer pada saat itu, adalah hal yang juga mendorong Puri Puri (Sebutan Fans untuk Princess Princess) dalam meraih kesuksesan, hingga meraih posisi teratas lima kali berturut-turut dari tahun 1989 sampai 1993. Ketenaran ini tidak diraih hanya dalam satu malam, mereka telah melakukan lebih dari 100 konser yang dilalui dengan berat dalam waktu 16 bulan pada awal karir mereka.

Meskipun semakin kesini Princess Princess semakin berubah menjadi lebih Pop, namun mereka masih mendapat tempat spesial di hati pecinta sejarah musik Jepang. Dengan mengawali sebuah pergerakan yaitu Girl’s Rock di dunia musik Jepang. Berikut adalah salah satu First Mainstream Succes mereka “Go Away Boy” yang dirilis pada tahun 1988.

Dan ini adalah penampilan meraka di tahun 2012 lalu.

Hadirnya Princess Princess yang sukses dengan formasi All-Female nya maka juga menular ke beberapa musisi cewek lain yang akan meneruskan Legacy dari pergerakan Girl’s Rock, lalu siapakah yang patut kita tahu selanjutnya? yang mencatatkan nama mereka dalam sejarah perkembangan para lady rocker, tunggu part berikutnya yaa,, 😀

 

 

 

See more for Princess Princess: Last.fm

Source: Rocketnews24