Banyak seri anime Summer 2018 yang bisa menggerahkan penonton, baik itu dari aksi seperti Attack on Titan dan Hanebado, atau fanservice seperti Isekai Maou dan Sunohara-Sou. Tapi ternyata yang panas menggerahkan tak hanya dari anime, karena sesuai namanya, musim panas juga sedang berjalan. Tapi di Jepang kegerahan tersebut tidak full membawa kesenangan, karena heat wave extra panas sedang melanda negara Jepang.

Menurut Agensi Meteorologi Jepang, pada tanggal 23 Juli kemarin, terjadi suhu paling panas yang pernah tercatat dalam sejarah Jepang. Dan itu terjadi pada jam 14.16 dalam Kota Kumagaya di Prefektur Saitama, dengan suhu yang mencapai 41.1 derajat Celcius!

Dan tak hanya itu, dalam Ibukota Jepang di Tokyo, juga ada suhu panas yang tinggi. Di Distrik Ome yang letaknya tak jauh dari Prefektur Saitama, suhunya mencapai 40.8 derajat Celcius pada jam 2. Itu mungkin masih satu derajat dibawah Kumagawa, tapi itu tetap tak dapat diremehkan. Karena itu juga pertama kalinya Tokyo mencapai suhu sepanas itu!

Dan pada tempat-tempat lain, suhunya rata-rata mencapai diatas 30 derajat. Agensi Meteorologi Jepang telah memberikan peringatan kalau suhu ini bisa mengancam kehidupan, karena sudah ada banyak dampak dari suhu panas menggelegar ini yang menyakiti warga Jepang.

Ditemukan kalau dalam minggu lalu di seluruh penjuru Jepang, karena heat stroke, ada sampai 22.000 orang dilarikan ke rumah sakit. Dikatakan juga kalau aktivitas mobil ambulan di Tokyo mulai meningkat dari hari Selasanya, dengan aktivitas paling tinggi terjadi pada hari Sabtu, dimana sampai 3.091 ambulan dijalankan.

Top 3 korban paling banyak adalah; 1.979 dari Ibukota Tokyo, 1.954 dari Prefektur Aichi, dan 1.779 dari Osaka. Tapi sedihnya ada juga korban panas yang tak berhasil selamat. Karena ditemukan juga sampai ada 11 orang tewas, mayoritas orang-orang tua. Diantaranya dua pasang kakek nenek berumur 70-an yang meninggal dalam rumah mereka, satu di Tokyo dan satu di Osaka.

Jadi bagi mina-san yang saat ini sedang di Jepang atau berencana akan ke Jepang pada musim panas ini, harap hati-hati agar tak kena dehidrasi ya. Disarankan untuk mempersiapkan banyak air minuman, terutama Pocari Sweat.