Maya Yoshida, dan Sepak Bola Jepang

Yah karena kemarin saya nonton bola dan dibarengi dengan melihat kicauan burung di twitter. Saya menemukan hal yang cukup menarik dan ingin membaginya bersama kalian. Saat laga Southampton Vs West Ham United di Liga Inggris, ternyata ada pemain Jepang yang bermain di pihak Southampton yaitu Maya Yoshida. Berposisi sebagai Bek Tengah, Yoshida memberi kejutan dengan mencetak gol pembuka di pertandingan itu. Lalu apa yang menarik? Bagi saya yang menarik adalah sesaat setelah gol itu, Nama Maya Yoshida langsung berkicauan di Twitter dan akhirnya menjadi salah satu Trending Topic Dunia.

Maya Yoshida sempat masuk WWTT
Maya Yoshida sempat masuk WWTT

Well, cukup menarik perhatian bagi saya, untuk pertandingan yang bisa dikatakan bukan Big Match. Lalu saya bertanya, siapa si Maya Yoshida ini. Ternyata setelah mencari tahu, pemain ini sedang dalam karir yang menanjak juga. Gol kemarin adalah gol perdana nya di Premier League (Liga Ingris Div Utama). Pemain yang baru pindah di Southampton musim ini, sebelumnya bermain di klub belanda VVV-Venlo. Saat di VVV Maya Yoshida sempat mencetak gol sensasional melalui tendangan salto, yang juga menjadi gol terbaik Liga Belanda pada musim saat itu.

Yang menarik adalah agustus 2013 lalu,menjelang perilisan game FIFA 14, Maya Yoshida dikonfirmasi untuk mengisi Cover dari game tersebut. Memang perilisan FIFA ini, ingin mengangkat pemain lokal di setiap negara, maka untuk versi Jepang ada foto Maya Yoshida dan Makoto Hasebe yang mendampingi Lionel Messi.

FIFA 14 (Japanese Cover)
FIFA 14 (Japanese Cover)

Yah, jika kita berbicara tentang Sepak Bola Jepang, Olahraga ini sedang mengalami kemajuan. sejak tahun 2000 an. Jepang semakin baik dalam mengelola pemain dan kompetisi yang ada di dalamnya.Terbukti tahun 2002 mereka sempat menjadi tuan rumah perhelatan akbar Piala Dunia, meskipun saat itu mereka berbagi dengan tetangganya Korsel. Namun ini pencapaian yang signifikan. Dari segi pemain sendiri jepang sudah banyak mengekspor pemain-pemainnya ke liga-liga top Eropa. Jika dulu kita kenal dengan Nakata dan Nakamura yang silih berganti mengisi klub-klub Eropa. Kali ini jauh lebih banyak pemain yang bermain di Liga-liga Eropa. Beberapa yang paling terkenal tentu saja Shinji Kagawa yang saat ini bermain untuk Manchester United. Dan yang sedang hangat juga adala Keisuke Honda  yang baru saja ditransfer ke Klub Italia AC Milan.

Shinji Kagawa
Shinji Kagawa
Keisuke Honda
Keisuke Honda

 

Yuto Nagatomo
Yuto Nagatomo
Maya Yoshida vs Demba Ba
Maya Yoshida vs Demba Ba

 

Maka dari Itu muncul nya Nama Maya Yoshida mungkin saja akan membuat prestis dari sepak bola jepang semakin berkembang. Sudah dikenal sebagai raksasa di Asia, Timnas Jepang mungkin dalam beberapa ahun ke depan akan semakin kuat dan mampu bertarung melawan Tim-tim papan atas di Eropa. Kita nantikan saja Aksi Maya Yoshida, Honda, Kagawa dkk. di Piala Dunia Brazil dalam waktu dekat ini.

Timnas Jepang
Timnas Jepang