Maskot hampir menjadi sebuah keharusan di jepang. Apa-apa pake maskot. Banyak original character berhamburan mewakili maskot dari berbagai macam lahan. Mulai dari kota, sampai minuman pun ada maskotnya. Contohnya nih maskot yang paling populer adalah Kumamon si beruang koplak. Nah kali ini mimin menemukan satu bentuk lagi nih. Maskot Toyota dari cabang Gunma yang nggak kalah bikin heboh dari maskot lain.

Beberapa perusahaan memang biasanya memiliki maskot lebih dari satu. Yaitu bagian official pusat dan official tiap cabangnya. Kebanyakan sih mereka mengambil karakter yang moe atau ikemen. Tujuannya jelas agar dapat lebih menarik minat masyarakat kepada produk mereka.

maskot toyota mako shimano
Mako Chan

Mereka merilis G.U.N.B.A Mako Shimano. Yup, cewek cute berambut pink diatas itulah maskot mereka. Kalian belum merasa aneh? Oke. Lanjut baca dulu. Maskot Toyota kota Gunma ini bisa dikatakan out of the box. Mereka nggak mau punya maskot cuman modal tampang cute. Sudah biasa dan pasaran banget katanya. Sekilas sih emang Makoc-han terlihat seperti gadis anime SMA normal. Lengkap dengan rambut kucir, seragam, dan tas warna biru.

Tapi jangan tertipu ya akiba-chan dan akiba-kei. Lihat dulu dong full body nya dibawah ini:

Yes boy. Dia adalah seorang (seekor?) centaur. 😀 Lebih greget lagi, body bagian bawahnya bukan cuma centaur biasa. Melainkan robotic centaur.

Nama G.U.M.B.A. sebenarnya adalah sebuah singkatan dari “Gallop-Unit-Mobility Based on Automobile”. Uh? Apaan tuh? Agaknya sih, Mako-chan ini bukan centaur tetap. Melainkan bagian bawah tubuhnya itu bisa dilepas pasang. Kata officialnya sih, melalui Maskot Toyota yang nyeleneh ini ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa mereka bakal mendesain kendaraan khusus. Dimana keberadaanya di sesuaikan dengan daerah tempat kendaraan itu akan dilaunchingkan.

Misalnya teknologi G.U.M.B.A hanya digunakan untuk wilayah Gunma. Teknologi baru ini dirancang untuk meningkatkan eksplorasi terlepas dari kemampuan fisik atau usia.

Oh btw, maskot toyota yang satu ini juga punya cerita skenario sendiri lho. Dikisahkan Mako memiliki ketertarikan memakai G.U.M.B.A karena ibunya. Dulu sang ibu juga merupakan lulusan sekolah yang sama. Sekolah dimana para siswanya dapat lisensi khusus untuk menggunakan teknologi ini. Selain itu disana juga kerap diadakan perlombaan seperti olahraga khusus dan balap centaur.

Ajehgile… apakah nanti toyota bakal bikin motor model centaur juga? entahlah… kalau iya malah lebih menarik lagi berarti. 😀