Saat ini Jepang masih lumayan ramai dengan suasana Olimpiade Musim Dingin 2018, apalagi berkat penampilan yang memukau dari Hanyu Yuzuru. Tapi walau begitu Jepang tetap menunjukkan semangat untuk Olimpiade yang akan diadakan di Tokyo tahun 2020 nanti. Banyak hal yang dilakukan oleh Jepang, salah satunya adalah mempersiapkan maskot Olimpiade tersebut. Dan sekarang, Maskot Tokyo Olympic 2020 telah diumumkan.

Persiapan untuk maskot tersebut sudah dilakukan sejak Desember 2017 lalu. Saat itu telah dibuat berbagai desain mascot character. Akhirnya, muncul enam desain final yang dikelompokkan jadi tiga pasang desain karakter yang perlu dipilih dibagian akhir; A, B, C. Karakter itu sepasang karena satu untuk Olympic dan satu lagi untuk Paralympic.

Cara pemilihannya lumayan unik. Karena karakter maskot Tokyo Olympic chibi dan imut-imut serta penuh warna, diputuskan kalau yang melakukan voting untuk desain karakter maskot yang dipakai adalah anak-anak. Tepatnya, murid-murid SD dari berbagai sekolah dasar di Jepang.

Dan kemudian setelah dikumpulkan voting dari Desember 2017 sampai Februari 2018 kemarin, dari ratus ribuan murid dari 16.769 sekolah dasar, akhirnya terpilih desain maskot imut dan keren untuk Paralympic dan Olympic Games Tokyo 2020.

Desain karakter A yang digambarkan oleh desainer Taniguchi Ryo berhasil menang dengan mendapatkan 109.041 voting, mengalahkan desain B yang mendapatkan 61.423 voting dan desain C yang mendapatkan 35.291 voting. Sedikit trivia, ini bukan pertama kalinya ia mendesain maskot event, karena ia juga yang mendesain maskot untuk event Japan Expo Thailand 2016.

Desain yang terlihat memiliki mata paling imut, dan lumayan minimalis dibandingkan desain B yang memakai tema kitsune dan komainu dengan pewarnaan yang agak kompleks, dan desain c yang memakai tema tanuki dengan warna nyentreng ala Daruma.

Sampai anisong singer Nakagawa Shoko, yang juga salah satu anggota Dewan Pemilihan Maskot untuk Olimpiade berkomentar ia ingin melihat maskot tersebut dianimasikan studio Kamikaze Douga. Studio yang sedang naik daun berkat kreativitas mereka dalam menganimasikan Pop Team Epic dimusim ini.

Tapi perjalanan maskot tersebut masih belum selesai. Sekarang setelah desainnya sudah didapat, berikutnya adalah yang sama pentingnya, yaitu memberikan nama untuk maskot tersebut. Dan dikatakan kalau nama kedua maskot itu akan diumumkan antara bulan Juli-Agustus tahun ini.

Comments