Beberapa waktu lalu ada kabar kalau maskot beruang hitam nakal terkenal dari Prefektur Kumamoto, Kumamon, akan menjadi bintang sebuah acara anime. Sepertinya ia akan dapat saingan, karena baru-baru ini ada lagi kabar serupa, dimana ada karakter maskot bandel yang akan menjadi bintang sebuah acara anime. Karakter tersebut adalah maskot yang bisa dibilang kontroversial dari Kota Susaki, bernama Chiitan.

Tapi, ada yang agak aneh untuk situasi maskot Chiitan ini, yang jadi penyebab adanya kata “kontroversial” disitu. Karena walau ia disebut sebagai maskot Kota Susaki, ia tak begitu disukai, dan bisa dibilang seperti “dipecat” oleh Pemerintah Susaki.

Untuk lebih mengerti, kita lihat sejarah karakter itu dulu. Chiitan sebenarnya pada awalnya adalah seekor berang-berang asli yang jadi terkenal di internet Jepang tahun 2016 lalu. Dan memanfaatkan ketenaran berang-berang tersebut, ditahun 2017 lahirlah maskot character berdasarkan berang-berang itu dengan nama yang sama.

Dan setelah itu Chiitan sang maskot menamai dirinya sebagai Ambasador Turisme dari Susaki, dan kota tersebut menerimanya. Tapiii kemudian ia jadi menerima banyak protes. Karena ia update sosmed dengan melakukan berbagai hal yang… edgy, dan liar, seperti melakukan olahraga ekstrim macam tinju atau lari di treadmill dengan skateboard, dan lain-lain.

Tingkahnya jadi begitu liar sampai ia mendapatkan protes dari 100an penduduk Susaki, dan karena tingkahnya itu bukannya mempromosikan kota tersebut, pegawai kota itu sendiri memutuskan hubungan mereka dengan sang maskot, membuatnya “dipecat” oleh kota itu bulan lalu. Tapi sang maskot itu sendiri mengatakan kalau ia masih ada hubungan baik dengan Susaki.

Karena kasusnya itu, agak mengejutkan melihat kemarin diumumkan adanya projek anime yang dibintangi oleh maskot tersebut. Anime itu diproduksi oleh East Fish Studio dan Infinity Vision, dan disutradai oleh Takemura Natsuki dan ditulis oleh Sasagawa Isamu.

Dan yang aneh tapi kocak lagi, adalah anime tersebut akan ditayangkan pada channel anak-anak TV Tokyo, Kinder TV, mulai dari tanggal 3 April, dan telah dirilis juga trailernya, yang menunjukkan kalau bahkan dalam bentuk anime ia masih lumayan bandel. Sepertinya berang-berang ini akan jadi rival dari si beruang nih.