Jepang memang terkenal dengan kecintaannya terhadap hal-hal lucu atau yang biasa dibilang “Kawaii”. dan mungkin saking cintanya, mereka selalu membuat maskot di Jepang yang digunakan sebagai simbol untuk daerah-daerah (perfektur) di Jepang atau bahkan maskot untuk tempat tempat tertentu.

Nah ini nih yang harus para Akiba-Chan dan Akiba-Kei tahu, kalau ternyata nggak hanya perfektur di Jepang aja loh yang ada maskotnya. Maskot di jepang juga muncul untuk beberapa tempat tertentu lho. Apa saja tempatnya ? Yuk kita simak bersama-sama.

  1. Kasamatsu Park – Kasabou –

Maskot ini merupakan maskot di jepang untuk taman Kasamatsu. Maskot dari taman Kasamatsu ini bernama Kasabou 「かさぼう」.

Terletak di Amanoshidate,  Kasabou sang maskot Taman Kasamatsu merupakan maskot penting untuk menarik turis  baik lokal dan mancanegara.

Kasabou sangatlah lucu dengan kepala yang dibuat dengan inspirasi dari conifer cone, dia sering sekali melakukan hal-hal yang membuat orang bersemangat.

Selain bersemangat pastinya pengunjung akan terhibur dengan tingkah kawaiinya.

  1. Narita Airport –Kutan-

Siapa sih yang nggak tahu bandara terbesar di Jepang ini ? Narita Airport. Pada nggak tahu kan kalau di Narita Airrport ternyata ada maskotnya loh.  Ini dia Kutan !! Maskot dari Narita Airport.

Mungkin banyak dari akiba-chan dan akiba-kei yang mengira maskot dari narita airport adalah si burung biru yang bentuknya juga seperti pesawat.  Ternyata bukan loh akiba-chan, akiba-kei. Maskot dari narita airport adalah Kutan yang berwujud anak laki-laki, yang mengggunakan scraft warna merah, pilot cap dan googles.

Dia sangat ramah, dan memiliki mimpi untuk menjadi superhero, sangat suka berjalan-jalan di landasan dan berdoa semoga semua orang yang ke Jepang melalui narita airport diberikan kebahagiaan.

OOOUUUUUUWWWW!!! T.T

Jika kalian ke Jepang dan mendarat di Narita airport, Kutan mungkin akan menjadi maskot Jepang yang pertama kali kalian lihat, karena ia selalu berada di meja informasi dari lantai B1 terminal 1 dan terkadang di terminal 2.

  1. Yonbancho Square Shopping Street –Yachinyan-

Yang ini adalah maskot dari Yonbancho Square Shopping Street.  Dan inilah Yachinyan, jika dilihat dari wujudnya, Yachinyan ini mengingatkan kita akan maskot kucing lucu yang populer di Jepang yaitu Hikonyan~. Loh kok bisa mirip..??

Ternyata maskot Yachinyan ini dimodelkan seperti putri kedua Hikone. Makanya wujudnya mirip Hikonyan versi wanita ya.. hehehe.. Hal ini juga ditunjang dari lokasi Yobancho Square Shopping Street yang berada di kota Hikone, Jepang.

Jika akiba-chan dan akiba-kei ingin melihat maskot lucu ini, datanglah di  Yobancho Square Shopping Street, karena Yachinyan biasanya muncul di waktu yang berbeda, jadi pastikan akiba-chan dan akiba-kei untuk cek situs resminya sebelum ke sana ya.

  1. NHK Tv Station –Domo-kun-

Untuk maskot yang ini mungkin sudah banyak yang tahu ya, Domo kun. Tapi tahu nggak sih kalau maskot yang pernah booming di Indonesia ini ternyata maskot untuk stasiun tv terkenal di Jepang NHK.

Wujud Domo kun berupa, ia berwarna coklat, berbulu dan merupakan monster oviparous dengan mulut besar yang teracung yang dibiarkan terbuka. Walaupun bentuknya seperti monster, Domo kun sangatlah lucu loh. Makanan favoritnya adalah Nikujaga, daging dan kentang yan direbus versi Jepang. domo kun juga dikatakan membenci apel karena alasan genetic yang tidak diketahui.

Domo kun biasanya Muncul dalam beberapa sketsa interstisial stop-motion 30 detik yang ditunjukkan sebagai  identifikasi stasiun selama acara berlangsung.

  1. Kyoto Tower -Tawawachan-

Sebagai  bangunan tertinggi di Kyoto. Tentunya Kyoto tower. Tawawa chan adalah maskot unik dari Kyoto tower. Tawawa chan lahir di stasiun kereta Kyoto dan kemampuan special yang dimilikinya adalah bermain harpa.

Pada awalnya tawawa chan diciptakan oleh perusahaan untuk merayakan anniversary ke 40 tahun di buka nya Kyoto tower. Namun seiring semakin lama karrakter Tawawa Chan menjadi terkenal dan hingga kini menjadi maskot Kyoto Tower.

Penyebaran Ketenaran Tawawa chan ini  melalui mulut ke mulut Loh.. Namun pada saat itu, Tawawa chan belum memiliki nama resmi nya loh, barulah setelah ia dikenal oleh publik, nama Tawawa chan pun akhirnya diberikan kepadanya. Dan akhirnya pada tahun 2004 Tawawa Chan memulai aktivitas resminya sebagai official karakter.

  1. Toei Movie Land Theme Park –Kachinta-

Jika kalian suka pergi ke taman bermain, mungkin kalian tahu taman bermain yang satu ini. Yup, Toei Movie Land Theme Park, nah, dalam taman bermain ini ada maskot yang terkenal dan unik loh..

maskot di jepang

Maskot untuk taman bermain Toei Movie Land Theme Park  bernama Kachinta-Kun. Mulai tercipta sejak tahun 1980. Memiliki karakter sebagai pria yang penuh semangat untuk membela kebenaran. Jika ada ketidak adilan disekitarnya ia akan segera “Kachin” lalu datang menyelamatkan. Tapi dibalik sifat nya itu, ia punya kelemahan loh.. Ia sangat lemah dengan wanita muda, wkwkwk maskot di jepang ini mirip sama Master roshi atau guru Jiraiya ya..

Kachinta-kun memiliki wujud seeokor burung gagak yang menggenakan pakaian khas jaman Edo.  Kalian bisa menemukan Kachinta-kun di taman bermain toei. Ia biasanya sebagai pemandu atau penunjuk arah dalam taman bermain itu.

Nah Akiba-chan, Akiba-Kei itulah tadi enam maskot terkenal di Jepang yang bukan termasuk maskot perfektur. Bagaimana ?? kenal salah satu dari mereka ? atau mungkin anda memiliki merch dari salah satu karakter tersebut ?? Jika kamu pingin ketemu dengan mereka datang aja di tempat yang udah mimin sebutkan tadi ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here