Jika kemarin kita membicarakan tentang maskot di Jepang yang ada di beberapa tempat di Jepang, kini kita akan membicarakan maskot aneh dan mengerikan yang ada di Jepang. Selera masyarakat Jepang memang tidak bisa ditebak, mereka menyukai sesuatu yang lucu dan menggemaskan (Kawaii) tetapi mereka juga membuat sesuatu yang aneh dan mengerikan. Mewujudkannya dalam sebuah maskot..?? euh.. tentu kita tidak bisa membayangkan tempat atau hal seperti apa yang memiliki maskot aneh dan mengerikan di Jepang sana. Simak ulasannya berikut ini.

Melon Guma (Hokkaido Prefecture)

Di urutan pertama ada maskot aneh dan mungkin sedikit menyeramkan.. Maskot ini bernama “Melon Guma” (メロン熊). Seperti namanya, maskot ini berwujud melon dan beruang.

Aneh ?? mungkin dari mendengar namanya saja, akiba-chan dan akiba-kei sudah merasa aneh, bagaimana mungkin seekor beruang dipadukan dengan sebuah melon.

Baca Juga: Shinshuugoku Live Action: Horror-Kanibal-Gore Tentang Desa Anti Wanita

Nyatanya maskot ini benar-benar ada loh..

Maskot aneh ini berasal dari perfektur Hokkaido, Jepang. Melon Guma merupakan karakter maskot untuk Yubari Store di Hokkaido. Maskot ini berwujud beruang dengan kepalanya yang berubah menjadi buah melon. Dan jangan bayangkan beuang tersebut terlihat lucu atau menggemaskan. Justru Melon Guma dibuat dengan menonjolkan ekspresi buas ala beruang di alam liar, lengkap dengan mata marah, cakar yang mengerikan, dan gigi taring yang seakan siap menerkam siapa saja. Dia terlihat akan menghajar siapapun yang mencoba untuk menghancurkan melon yang ada di kepalanya.

Karakter Melon Guma ini terinspirasi dari insiden seekor beruang hitam liar yang menghancurkan perkebunan melon Yubari.

 

Amaterasu Shu’in (Kagoshima Prefecture)

Selanjutnya ada Amaterasu Shu’in dari perfektur Kagoshima, Jepang. jika mendengar namanya akiba-chan dan akiba-kei pasti berfikir tentang salah satu dewi dalam mitologi Jepang yang sudah terkenal “Amaterasu” sang dewa matahari.

Namun sayang nya bukan..

maskot aneh

Jika dalam penulisan namanya dewi Amaterasu menggunakan kanji dengan arti “langit/surga” dan “Cahaya” berbeda dengan maskot satu ini, maskot Amaterasu Shu’in ini memiliki lima kanji dalam namanya dengan masing-masing kanji memiliki arti “Menggoda, Jahat, Cahaya, Merah, Aungan” ???? merasa aneh? Memang??

Dalam pengenalannya, hanya ada kalimat:

Terlahir dari penipuan manusia, arogansi, dan kecemburuan. Bingung mengapa manusia mengulangi kesalahan yang sama, berpikir bahwa masing-masing memiliki keadilannya. Walaupun jika tidak memahami ini, harus mengerti ini.

Bagaimana? mengerti? Sama, mimin juga nggak paham kok. Hahaha.

Agar kita memahami lahirnya maskot ini mari kita lihat wilayah Kirishima terlebih dahulu. Kirishima merupakan wilayah pegunungan di Kagoshima, Jepang. wilayah ini terkenal dengan tempat lahirnya beberapa Ninigi no Mikoto, yang merupakan cucu dari dewi Amaterasu, ia merupakan dewa yang dikirim untuk menetapkan peraturan penguasa Jepang.

Jadi wujud maskot Amaterasu Shu’in yang memiliki topeng di wajahnya ini merupakan simbol dari garis kekaisaran Jepang, dan kata Shu’in dalam namanya mungkin mengarah ke shu’in cap segel merah yang diberikan untuk pengunjung di beberapa kuil.

 

Ojinyan (Tokyo Prefecture)                

Maskot yang satu ini mungkin lebih cocok jika kita menyebutnya maskot paling aneh dan menjijikkan. Perkenalkan… “Ojinyan” (オジニャン). Maskot ini berasal dari Tokyo. Jika akiba-chan dan akiba-kei melihatnya secara langsug mungkin tidak bisa menjelaskan wujud atau rupa dari maskot ini, alias GAK JELAS banget.

Namun nyatanya sebenarnya wujud maskot ini adalah seekor kucing tua dengan tinggi 2 meter.

WHAT ???

Faktanya wujudnya benar-benar berwarna kuning, memiliki wajah ojiisan atau kakek-kakek dan “telinga kucing”  di atas kepalanya.

Ojinyan merupakan maskot untuk Ohta Production di Tokyo. Berdasarkan biografi nya maskot ini diperuntuhkan untuk anak-anak dan bisa menyanyi. Tapi jika dilihat dari wujud maskotnya apakah akiba-chan dan akiba-kei bisa bayangkan anak-anak akan tersenyum dengan bahagia ?? atau malah menangis ketakutan ??

 

Shiroi Chitei Teikoku Ninja Jinenjaa (Chiba Prefecture)

Untuk maskot yang satu ini, benar-benar maskot aneh dan menyeramkan di Jepang. Wujudnya yang hanya terpampang satu mata besar tak bernyawa dengan tambahan mulut yang berteriak. Benar-benar menyeramkan.

Maskot yang berasal dari perfektur Chiba ini bernama “Shiroi Chitei Teikoku Ninja Jinenjaa”( しろい地底王国忍者じねんじゃー).

Baca Juga: Maskot di Jepang Dengan Tampilan Absurd Yang Perlu Kamu Intip

Maskot ini merupakan maskot untuk asosiasi Yams Shiroi, dan faktanya dia seharusnya adalah seorang ninja Yam, tetapi seperti apa yang kita lihat ia seperti bentuk kotoran yang sedang berteriak, atau mungkin monster dimana tidak ada sedikitpun terdapat unsur manusia di dalamnya.

Gajiro (Hyogo Prefecture)

Yang satu ini mungkin maskot yang paling mengerikan yang pernah ada.

Bagaimana tidak.. lihatlah wujudnya yang tidak memiliki mata, rambut hitam panjang seperti sadako, gigi yang runcing, bentuk seperti reptil, dan jangan lupakan kulitnya yang seakan terkelupas itu.

Satu kata MENYERAMKAN !! KOWAI!! KOWAI!!

Maskot aneh dan menyeramkan satu ini bernama “Gajiro” dari perfektur Hyogo, ia merupakan maskot untuk kota Fukusaki di perfektur Hyogo. Dan ia merupakan hasil inspirasi dari Mechanical Kappa yang menghuni kolam kecil di Tsujikawayama park.

Tapi tetap saja, bahkan kappa dikenal untuk menakuti anak-anak yang ingin datang ke taman. Lalu mengapa mereka membuat maskot Gajiro berdasarkan hal itu ?? dan mengapa mereka membuatnya lebih menyeramkan??

Terdapat quotes dalam bio gajiro:
dia bersembunyi di sungai dan mencuri Shirikodama dari anak-anak yang bermain didekatnya

Shirikodama merupakan bola mistik yang dikatakan berada di lubang ekskresi manusia. Jadi fungsi maskot Gajiro ini untuk apa ? Sepertinya untuk menakuti anak-anak agar tidak bermain di tempat yang berbahaya..

Nah itulah maskot aneh dan menyeamkan yang ada di Jepang.. bagaimana? udah siap kena nightmare pas ketemu mereka? 😀

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here