Tanggal 26 Mei 2017 lalu, Masjid Indonesia Tokyo telah resmi dibuka setelah perjuangan selama delapan belas tahun. Peresmian yang dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Bapak Ir. Arifin Tasrif beserta jajarannya dan masyarakat sekitar berlangsung khidmat dan suka cita. Tepat satu hari sebelum masuk bulan Ramadhan, masjid ini sudah dibuka untuk umum. Pada malam harinya, masjid ini bisa digunakan untuk shalat Tarawih.

masjid indonesia tokyo
Peresmian yang dilakukan oleh Ir. Arifin Tasrif bersama dengan warga Jepang yang ikut hadir.

Inisiasi pembangunan Masjid Indonesia Tokyo ini bermula pada tahun 1999 lalu oleh Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) di Jepang, mulai dari pengurusan perijinan, pengumpulan dana, hingga proses pembangunan. Proses panjang tersebut kini telah berbuah manis setelah lebih dari delapan belas tahun berjuang agar masjid ini berdiri dan dapat bermanfaat bagi jamaah di sekitarnya.

Baca juga : 5 Masjid Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat di Jepang

Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun masjid sekitar JYP 183.610.856 atau hampir Rp 22 Milyar, nominal yang sangat besar dan sulit dipercaya oleh kita.

“Jumlah dana yang harus kami kumpulkan sangatlah tidak sedikit. Karena masjid kami bangun dari nol, tidak tanggung-tanggung kami harus mengumpulkan kurang lebih 23,5 Miliar rupiah! Jumlah yang sampai hari ini pun tidak akan terasa masuk akal jika harus dipenuhi hanya dari sumbangan dana masyarakat.” Kutipan dari salah satu kiriman di official fanpage Masjid Indonesia Tokyo.

Berikut adalah dokumentasi pada saat pembagunan masjid berlangsung.

Masjid dengan luas bangunan 350 m2 ini berada di pusat kota Tokyo, tepatnya di Meguro. Bangunan tiga lantai ini terdiri dari basement, tempat shalat yang terdiri dari dua lantai dan toilet. Bagian dalam masjid juga dilengkapi dengan pendingin udara, televisi berukuran besar untuk lantai dua, tempat wudhu dan toilet sesuai dengan standar peraturan pemerintah Jepang.

Masjid ini sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota Tokyo. Selain itu, masjid dengan gaya bangunan minimalis ini letaknya cukup dekat dengan tempat-tempat vital di Jepang, yaitu 2 kilometer dari Gedung Kedutaan Besar Indonesia di Jepang, 11 kilometer dari Istana Kekaisaran dan 13 kilometer dari Bandara Haneda, Tokyo. Sangat strategis dan mudah diakses oleh kendaraan umum. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi fanpage maupun website resmi Masjid Indonesia Tokyo.

Nah, bagi akiba-chan dan akiba-kei yang sedang berkunjung ke Tokyo, jangan lupa untuk mampir kesini untuk melihat dari dekat Masjid Indonesia Tokyo supaya lebih jelas ya!