Content provided by Keepo. Perkembangan teknologi saat ini tentu aja semakin mempermudah hidup kita terutama dengan adanya kemajuan dibidang komputer, maka hal yang dulunya susah saat ini semakin mudah untuk dilakukan. Nah, tentu aja komputer untuk digunakan, memerlukan sebuah software yang harus dijalankan oleh kita sebagai penggunananya.

Baca Juga: Jangan Takut, 5 Robot Unik ini Diciptakan untuk Melindungi Manusia

Tapi, karena harga software yang cenderung mahal dan harganya bisa mencapai jutaan, membuat kita jadi malas untuk membeli versi yang asli, dan lebih cenderung untu menggunakan versi yang bajakan. Eits, jangan seneng dulu, karena ternyata ada beberapa bahaya yang bisa saja mengintai kalian ketika menggunakan aplikasi bajakan. Cekidot!

More article from Keepo.

1 – Resiko Terserang Malware

Resiko Terserang Malware

Ini adalah salah satu bahaya terbesar ketika kalian menggunakan software bajakan, karena sebelum kita download installer dari aplikasi ini dari pihak ketiga, kita tidak akan pernah tahu apakah software ini sudah disusupi malware. Malware sendiri adalah sebuah aplikasi yang disusupi dengan tujuan tertentu, dan yang paling bahaya adalah pencurian data dan informasi pribadi. Kalian nggak kepingin kan rahasia diketahui oleh orang lain?

 

2 – Mempengaruhi Kinerja dari Sebuah PC

Mempengaruhi Kinerja dari Sebuah PC

Software bajaka juga punya efek samping yang buruk buat PC penggunanya, apalagi jika mereka disusupi dengan malware yang sudah kita bahas diatas, maka beban kerja akan semakin berat dan membuatnya menjadi lebih lambat dalam memproses sesuatu.

 

3 – Tidak ada Fitur Pembaharuan Aplikasi

Tidak ada Fitur Pembaharuan Aplikasi

Aplikasi bajakan ini sendiri adalah hasil “bongkar” sekelompok orang untuk mendapatkan fitur yang mirip dengan yang aslinya, maka sudah pasti tidak akan mendapatkan pembaharuan sistem dari developernya. Padahal, terkadang ada beberapa celah keamanan yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan, yang hanya bisa di fix kan dengan update software saja.

 

4 – Berpotensi Kehilangan Data

Berpotensi Kehilangan Data

Kalau ternyata kalian sedang sial, mungkin saja aplikasi bajakan yang kalian download sudah disusupi virus dan juga malware, maka nggak menutup kemungkinan buat kalian kehilangan data juga pada PC.

Jadi, kalian sebagai pengguna PC yang cerdas, ada baiknya untuk berpikir dua kali ketika mau menggunakan program bajakan di PC kalian, selain merugikan pihak developer aplikasinya, juga bisa saja kalian dirugikan dengan resiko yang udah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat!