Mina-san Selamat Halloween dan sambut pergantian bulan ke November. Apakah ada yang melakukan cosplay? Atau pesta kecil-kecilan? Kalau di Jepang malah dipakai untuk cari pacar dan bersenang-senang. Tapi walau menyenangkan, kita juga perlu bisa menahan diri, kalau tidak bisa memberi kesusahan pada lingkungan sekitar. Contohnya pesta Halloween Shibuya yang kena masalah sampah 🙁

Semangat Halloween memang semakin lama semakin besar di Jepang walau itu adalah perayaan dari luar. Yang mungkin bisa dihubungkan dengan semakin besarnya pengaruh anime dan cosplay saat ini. Seperti yang kita lihat dengan banyaknya kabar cosplay Halloween di Jepang diakhir Oktober, bahkan dari para penyanyi dan seiyuu.

Dengan semakin besarnya semangat untuk bersenang-senang, belum lagi didukung juga dengan toko-toko lokal yang ikut memeriahkan suasana, wajar saja kalau Shibuya jadi diramaikan sampah setelah selesai diramaikan orang-orang.

Direktur deputi dari Divisi Penjaga Lingkungan Cabang Shibuya, Kitahara Tatsuya, berpendapat kalau masalah sampah ini juga kemungkinan bisa disebabkan karena event tersebut memang tidak terorganisir.

halloween shibuya

Orang-orang bisa bebas datang dan pakai kostum dan berjalan-jalan begitu saja. Tak ada kejelasan mengenai pengambilan sampah dan tanggung jawab. Walau ada polisi disitu, tugas mereka adalah mengatur orang-orang dan lalu lintas, bukan mengawasi kebersihan.

Alhasil, area Shibuya dipenuhi berbagai sampah. Mulai dari kantong dan botol plastik, sampai alat-alat make-up bekas setelah memakai kostum. Malah tak hanya make-up, sampai ada yang membuang meninggalkan kostum cosplay mereka begitu saja loh 🙁

Dengan masalah sampah yang begitu besar, dilaksanakanlah operasi jaga kebersihan untuk mengatasi sampah bekas pesta Halloween tersebut. Operasi tersebut diberi nama Halloween Gomi(sampah) Zero in Shibuya.

Dilakukan berbagai hal, mulai dari mendirikan tempat ganti baju sementara, menambahkan toilet, dan tempat sampah. Dan diadakan juga acara kebersihan dengan relawan. Saat ini operasi tersebut mengundang 1700 relawan untuk membantu membersihkan area Shibuya dari sampah.

Mina-san yang di Jepang apakah ada yang minat? Ayuk ikut bantu 😉 jangan hanya bersenang-senang dan melupakan tanggung jawab ya. Jadilah seperti para fans Anohana yang bantu jaga kebersihan lokasi anime pilgrimage mereka.