Tsuburaya memang nama yang klasik bagi fans tokusatsu, tapi belakangan ini mereka mulai naik daun lagi. Dari viralnya anime Gridman sampai dibawakannya anime Ultraman oleh Netflix keluar Jepang, penonton luar Jepang jadi semakin mengenal nama Tsuburaya. Dan baru-baru ini mereka melanjutkannya, dengan pengumuman kalau adanya kolaborasi antara Marvel Tsuburaya untuk membuat Ultraman Comic.

Yup! Nama besar dalam kisah genre modern super hero, Marvel, akan melakukan kerjasama dengan Tsuburaya Production, salah satu nama terbesar dalam dunia super hero di Jepang dan genre tokusatsu melalui franchise Ultraman yang diciptakan mereka.

Kerjasama tersebut pertama diumumkan weekend kemarin dalam event besar Tokyo Comic Con 2019. Untuk saat ini tak banyak detail yang telah diberikan, tapi dalam event tersebut dikatakan kalau keduanya bekerja sama merilis kisah Ultraman melalui komik dan juga novel grafik dimulai dari tahun 2020. Untuk nama-nama yang terlibat dalam projek tersebut akan diumumkan nantinya.

Mengenai kerjasama ini, Tsukagoshi Takayuki sang CEO Tsuburaya Production berkomentar, “kami bahagia mengumumkan kerjasama dengan Marvel, yang telah memproduksi karakter dan kisah yang dicintai fans selama lebih dari 80 tahun” dan “Kami tak sabar membuat kisah baru untuk franchise Ultraman dengan Marvel dan membawakannya pada fans dari seluruh dunia”.

Sementara itu C. B. Cebulski sang kepala editor Marvel mengatakan “Seperti Marvel, Ultraman dikagumi dari generasi ke generasi melalui kisah bersetting di dunia nyata dan lanjut menjadi klasik melalui berbagai acara TV, Movie, mainan, game, dan lain-lain. Kami merasa senang memperkenalkan chapter baru dari Ultraman Multiverse tahun depan”.

Tsuburaya memang belakangan ini semakin aktif mempromosikan franchise Ultraman. Seri anime CG Ultraman berdasarkan manga buatan Shimizu Eiichi dan Shimoguchi Tomohiro juga telah diumumkan mendapatkan season baru yang juga akan ditayangkan oleh Netlix.

Selain itu, webseries Ultra Galaxy Fight yang dapat ditonton di Youtube juga memiliki sub dan dub bahasa Inggris. Dan Ultraman Reiwa pertama, Ultraman Taiga, yang ditayangkan di Jepang mulai dari bulan Juni 2019 kemarin, juga dikabarkan akan dibawakan ke seluruh dunia diluar Jepang dalam tahun 2020 nanti.