Dengan semakin lamanya masa darurat virus corona di Jepang, tak memungkinkan untuk pergi berekreasi dengan ditutupnya juga tempat-tempat umum. Tapi bagi fans studio Ghibli yang jadi tak dapat berkunjung ke Museum Ghibli karena itu, ada sesuatu yang seru yang dilakukan oleh pihak museum tersebut. Dimana mereka membuat fans bisa tour Ghibli Museum bahkan dari dalam rumah sendiri tanpa perlu keluar.

Museum Ghibli yang terletak di Taman Inokashira di Mitaka pada bagian baat Tokyo, sesuai namanya, adalah museum yang mempertunjukkan berbagai macam hal mengenai karya dari studio anime terkemuka tersebut.

Kemungkinan sudah banyak yang tahu beberapa judulnya ya, dari Totoro dan Porco Rosso sampai Mononoke Hime dan Spirited Away dan masih banyak lagi. Bahkan dari luar saja museum itu sudah bisa dikenal, dengan dipajangnya sang karakter Totoro.

Museum tersebut lumayan sulit untuk dimasuki, dengan periode pembukaannya juga hanya sebagian dalam setahun, dan untuk masuk hanya bisa melalui reservasi, dan dengan betapa besarnya nama Ghibli, booking reservasi juga bisa saja penuh jika lengah.

Saat ini juga sangat tidak mungkin kesitu karena wabah virus corona, membuat museum itu ditutup pada bulan Februari sampai Maret, yang kemudian diperpanjang sampai April, dan kemudian diperpanjang lagi mengikuti masa darurat virus corona negara Jepang. Tapi fans tetap bisa “datang” melihat-lihat isi museum tersebut secara digital!

Bagaimana bisa begitu? Nah ternyata sejak bulan April, Museum Ghibli telah membuka channel Youtube official mereka sendiri, dan mereka suka melakukan upload akan video yang berisikan berbagai atraiksi dalam museum tersebut untuk bisa ditonton.

Dari video mengenai lukisan-lukisan karakter anime Ghibli, kemudian juga ruangan yang memamerkan beragam draft dan sketch dari berbagai projek anime Ghibli. Dan yang terbaru dirilis adalah video yang memamerkan jendela gelas kaca museum itu pada malam hari.

Tindakan yang menarik dan pas dilakukan oleh Museum Ghibli, membuat para fans yang tak pernah kebagian kesitu jadi bisa melihat keindahan museum itu, dan bisa membuat mereka jadi terpancing untuk kesitu setelah wabah ini selesai.