Jepang merupakan negara yang memiliki sumber daya manusia yang sangat berkualitas, yang mampu menjadikan Jepang menjadi negara paling maju di Asia. Dibalik perekonomian Jepang yang maju, negara ini juga memiliki kuliner yang terbilang unik dan sangat mahal.
Jika anda memiliki dana yang terbilang lebih dari cukup atau hanya sekedar ingin mencicipi tidak ada salahnya bila anda mencoba makanan berikut!.

1.Yubari King Melon

2010-06-16-13-49-19-3-yubari-melons1
Melon buah bulat dengan daging buah yang empuk ternyata menjadi buah termahal di dunia. Jenis melon termahal di dunia ini bernama Yubari King. Melon dengan daging buah berwarna oranye ini berasal dari kota Yubari di Hokkaido, Jepang. Negara sakura ini memang terkenal memiliki buah dan sayur terbaik dan dijual dengan harga yang tinggi.
harga sepasang melon yubari pernah dijual mencapai $26.000 atau sekitar 260 juta Rupiah dalam suatu pelelangan. Ini membuat melon yubari dinobatkan sebagai buah termahal di dunia. Padahal di pasar swalayan, harga melon yubari sendiri rata-rata 50 dollar hingga 100 Dolar atau sekitar 500 ribu hingga 1 juta Rupiah.
Buah yang satu ini merupakan melon kultivar yang sangat lezat dimakan dan dipanen dalam jumlah terbatas. Yubari king merupakan hasil dari persilangan dua varietas melon yang menghasilkan melon dengan daging buah berwarna orange segar. Rasanya pun sesuai dengan harga yang ditawarkan. Menurut para pembeli, melon ini memiliki rasa manis berbeda dengan daging buah yang sangat lembut. Selain itu melon ini mempunyai tekstur berair yang pas saat dimakan. Inilah yang menyebabkan harga melon yubari king sangat tinggi.

2.Jamur Matsutake
Matsutake6

Matsutake (Tricholoma matsutake(S.Ito et Imai)Sing.) atau jamur pinus adalah nama umum untuk jamur mikoriza langka dari genus Tricholoma familia Tricholomataceae. Jamur ini belum dapat dibudidayakan, dan tumbuh liar di Cina, Jepang, Korea, Finlandia, dan tempat-tempat lain di dunia. Pada musim gugur, matsutake tumbuh di permukaan tanah hutan pinus yang ditumbuhi pinus merah jepang, Tsuga diversifolia, pohon runjung Tsuga, dan Pinus pumila. Kadang-kadang jamur ini juga bisa ditemukan di hutan yang ditumbuhi pinus hitam jepang. Di beberapa tempat, matsutake juga tumbuh semasa musim hujan Asia Timur. Pertumbuhan miselium diketahui sangat lambat. Suhu untuk pertumbuhan miselium sekitar 5-30℃, suhu ideal sekitar 22-25℃, pH tanah ideal 4,5-5,5.Di Jepang, matsutake adalah bahan makanan mewah yang berharga sangat mahal. Jamur ini memiliki wangi harum yang kuat, dan dimakan setelah dipanggang sedikit di atas api, ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake (matsutake gohan), dan sebagai campuran dobinmushi (sup dalam teko).
karena memiliki  masa tumbuh yang relatif sebentar sehingga membuat harga jamur Matsutake ini begitu luar biasa mahalnya, 1 Pound bisa dihargai US $100 (1 Pound = 1/2 Kg) dan jika di rupiahkan bisa mencapai harga Rp. 1 Juta lebih.

3.Anggur Ruby Roman
013034900_1458649163-Buah-Mahal-Anggur-Ruby-Roman-Jepang

Anggur ini pengembangbiakan Kanazawa sendiri sejak tahun 1995. Satu buah anggur cukup besar mencapai 3 cm atau dua kali lebih besar daripada anggur biasa.
Fiturnya dengan kulit merah cerah dan sangat manis. Pada lelang pertama dari pengiriman pertama di tahun 2008,  yang terbaik hanya mencapai 100 ribu yen. Tambah lama tambah mahal. Kini mendadak mencapai satu juta yen.
Berat satu ikat sekitar 350 hingga 700 gram dengan 31 buah anggur pada satu tandan menjadi sangat populer saat ini.Harga satu ikat anggur tersebut untuk yang berberat 700 gram. Hotel Nikko di depan JR Kanazawa Station   (Kanazawa Honcho 2-chome) memiliki anggur ini.
Kelas premium dari buang anggur ini mengharuskan setiap buah anggur memiliki berat 30 gram dan per tandannya harus memiliki berat minimal 700 gram. Pada tahun 2013, sekelompok anggur Ruby Rondan dikabarkan dijual dengan harga USD 4000 atau sekitar Rp 46 juta.
Menurut koperasi pertanian Jepang, JA Zen-Noh Ishikawa, yang memproduksi anggur Ruby Roman ada sekitar 120 orang di Perfektur Ishikawa yang berarti diperkirakan memiliki sekitar 18.000 tandan anggur. Puncak panen anggur sekitar Agustus setiap tahunnya dan dikirimkan ke pasar Tokyo dan Osaka.
Harga jual di pasaran untuk kualitas biasa sekitar 8.000 hingga 10.000 yen per ikat.

4.Hon-maguro
thumb_600Fresh Tuna
Hon-Maguro atau tuna sirip biru adalah salah satu ikan yang paling dicari di dunia. Dan sementara ada berbagai spesies tuna, tuna sirip biru secara luas dianggap sebagai raja tuna dan merupakan salah satu ikan yang paling mahal.
Berkembang biak di Malta, Tuna ini adalah kualitas tertinggi. tuna ini dibesarkan di hatchery dan pindah ke Mediterania di dekatnya, yang memungkinkan mereka untuk tumbuh besar dengan rasa yang luar biasa dan tekstur
daging yang berwarna merah cerah.
“Hon-maguro” segar tercatat sebagai ikan dengan harga termahal. Memang harganya sangat fluktuatif, namun setiap kali pelelangan ikan dimulai, harga awalnya saja bisa membuat mata terbelalak. Pada tahun 2013 saja, untuk tuna seberat 222 kg saja hara per-kilogram-nya bisa mencapai 70000 yen, yang berarti kira-kira 154,4 juta yen hanya untuk satu ikan saja.

5.Daging Sapi Wagyu
tonys-kobe
Kata Wagyu berarti sapi Jepang yang mengacu pada beberapa keturunan sapi Jepang yang terkenal karena pola lemaknya yang membentuk marmer.
Sapi Jepang ini diperlakukan secara khusus, baik itu dari pakan atau cara pemeliharaan. Bahkan sapi-sapi ini suka dipijat dan diberi minum sake yang tujuannya untuk menghasilkan ternak dengan daging yang berkualitas. Daging sapi wagyu paling eksklusif di dunia berasal dari daging Kobe.
Warna daging sapi Wagyu pun berbeda dengan daging sapi pada umumnya. Daging sapi Wagyu memiliki lemak-lemak halus di sekeliling serat dagingnya yang disebut lemak otot (marbling). Lemak inilah yang memberikan tekstur daging enak dan lezat dibandingkan daging sapi tipe lainnya.
Kamu bisa melihat lebih jelas mengenai daging sapi yang satu ini di artikel sebelumnya
Link: Klik Disini

  • Natania Natania II

    Astaga mahal banget… klo makan di mangkok ramen (resto jepang depan rumah) bisa 1 bulanan
    xixixixi