Ada banyak kabar yang tak menggembirakan karena wabah virus corona, dari pembatalan berbagai event seperti Tokyo Game Show dan juga pengunduran perilisan berbagai animanga. Tapi bagi para gamer ada kabar yang menggembirakan baru-baru ini buat yang sedang menunggu konsol baru Playstation 5. Karena ternyata dikabarkan kalau jadwal perilisan Playstation 5 tidak ada delay karena wabah virus corona!

Konsol game terbaru dari Sony itu adalah konsol game generasi berikutnya. Telah diumumkan berbagai pernak-pernik konsol itu, seperti memakai chip AMD dan GPU didalamnya berupa variasi Navi Radeon dan juga memakai SSD atau Solid State Drive, dan konsol itu membaca media fisik melalui 4K Blu-Ray Drive.

Walau fisiknya belum diperlihatkan, telah dipertunjukkan controller konsol itu, yaitu Controller Dual Sense yang memiliki haptic feedback yang menggantikan teknologi rumble, dan Adaptive Trigger yang dipasangkan pada tombol pelatuk (R2/L2), yang digabungkan dapat memberi gamer lebih banyak sensasi feedback, dan bisa semakin menambahkan immersion saat main game.

Dan bagi yang tak sabaran, konsol tersebut telah diumumkan untuk dijadwalkan rilis dalam musim libur tahun 2020 ini. Tapi apakah akan baik-baik saja mengingat wabah virus corona? Bahkan Nintendo saja kewalahan dalam memproduksi konsol Switch mereka.

Nah untuk hal itu para gamer tak perlu khawatir. Karena dikatakan kalau meskipun muncul tantangan seperti pegawai yang perlu work from home dan diperketatnya travel internasional, pengembangan konsol itu tetap sesuai rencana pada perilisannya pada Holiday season 2020. Dan saat ini tak ada masalah besar pada pengembangan game software juga.

Dan untuk semakin memanaskan para gamer, diumumkan juga software Unreal Engine 5 yang menjanjikan kualitas grafik yang benar-benar nyata, dan perkataan itu bukan gertakan, karena telah dipertunjukkan juga demonstrasi dari Unreal Engine 5 tersebut dalam PS5 Tech Demo.

Real time technical demo dari Lumen in the Land of Nanite tersebut dilakukan secara live dengan dev kit PS5, dan memiliki penampilan yang memang terlihat begitu mantap dan berkualitas! Menunjukkan kalau game Playstation 5 bisa memiliki kualitas setinggi itu.