Studio Kyoto Animation masih belum sepenuhnya pulih dari musibah kebakaran yang menimpa mereka beberapa minggu lalu. Tapi mereka masih pantang menyerah dan sedang berjuang untuk memulihkan diri mereka. Untungnya mereka juga mendapatkan banyak bantuan, dan tak hanya dari fans, tapi juga berbagai nama dalam dunia anime dan entertainment, dan salah satu yang terbesar, adalah Yoshiki!

Yoshiki & Stan Lee @ Golden Globe Award

Nama besar yang kemungkinan besar sudah dikenal oleh mina-san, apalagi yang fans visual kei dan J-rock. Sebagai salah satu anggota dari band Jepang legendaris X Japan, popularitas dan ketenarannya telah mendunia, sampai ia bisa menonton pertandingan langsung bersama Ratu Elizabeth.

Dan dengan ketenaran macam itu, mungkin bisa diperkirakan kalau ia akan memberikan donasi yang lumayan besar. Dan memang begitu, dengan diumumkan kalau Yoshiki memberikan sumbangan sampai sebesar 10 Juta Yen untuk studio Kyoto Animation!

Ia menyumbangkannya melalui organisasi non-profit Yoshiki Foundation America, dimana hal macam ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelum ini ia juga memberikan sumbangan untuk bencana Gempa Tsunami Tohoku dan rekonstruksi gempa Ishinomaki dan lain-lain lagi.

Yoshiki sendiri memang tak terlalu ada hubungan kerja dengan KyoAni, tapi ia mengatakan kalau ada banyak fans anime yang juga mendukungnya dan menonton konsernya, dan ia juga ingin memberi kontribusi untuk mengembangkan budaya anime Jepang, yang dianggapnya sebagai salah satu harta dunia, dan ia berharap akan ada semakin banyak yang menolong KyoAni.

Ucapan yang bagus dari Yoshiki, karena Kyoto Animation memang akan membutuhkan banyak sekali bantuan, dengan pengacara studio tersebut mengatakan kalau diperkirakan akan dibutuhkan sampai 10 milyar Yen untuk membantu tak hanya pembangunan ulang studio itu tapi juga untuk membantu biaya penyembuhan para korban dan keluarga korban.

Untungnya dikabarkan kalau akun kantong donasi yang telah dibuka oleh studio KyoAni kini telah menerima total donasi sebesar 1 milyar Yen dari 50.000an orang, dan halaman donasi GoFundMe Sentai Filmworks juga telah menerima donasi sebesar 2,3 juta Dollar. Semoga semakin banyak yang membantu KyoAni menghadapi kegelapan ini.