Ajang olahraga internasional musim panas 2020 sebentar lagi akan tiba. Setelah melakukan sidang besar IOC yang digelar di Buneos Aires, Argentina, untuk menentukan tuan rumah Olimpiade 2020, ibukota Jepang terpilih melalui pemungutan suara terbanyak serta lolos dari berbagai pertimbangan meliputi banyak aspek penting yang sangat matang. Tahun-tahun ini Jepang mulai bersiap menyambut datangnya ajang olaharaga internasional tersebut. Selain persiapan teknis dan penyambutan para tamu kehormatan dari negara lain, Jepang juga memikirkan perihal maskot Olimpiade 2020. Bagaimana pun, ikon menjadi hal yang cukup penting untuk dipikirkan karena menyangkut nama besar penyelenggara dan acara yang diadakan tersebut.

maskot olimpiade 2020
Empat desain logo Olimpiade 2020 yg dipertunjukkan oleh Jepang

Dikutip dari laman Rocketnews24 dan beberapa situs lain, Pemerintah Jepang dikabarkan akan mengambil karakter dari anime terkenal dari negerinya sebagai maskot Olimpiade 2020. Ada sembilan tokoh dari delapan judul animanga yang bakal nampang selama Olimpiade 2020 Tokyo diberlangsungkan. Mereka adalah Naruto, Luffy dari One Piece, Goku dari Dragon Ball, Crayon Shin-chan, Sailor Moon, Astro Boy, dua gadis penyihir dari Pretty Cure, dan terakhir roh Jibanyan dari Yokai Watch. Tokoh-tokoh dari animasi fenomenal Jepang yang telah mendunia ini akan menghias ajang olahraga internasional itu. Wah, kita sebagai pencinta anime patut senang nih, Minna-san! Ini adalah sebuah kabar baik karena keberadaan ‘anime lovers’ cukup diperhatikan dan berkesempatan lebih diakui di mata dunia. 😀

Tidak hanya sampai di situ. Pemerintah Jepang juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengusung konsep Japan Pop Culture dalam Olimpiade 2020 nanti, khususnya anime dan manga yang sedang menjadi tren. Kemunculan karakter tersebut dikatakan demi dapat membuat nyaman publik luas yang sangat tertarik dengan budaya Jepang, baik tradisional maupun modern. Petinggi Negeri Bunga Sakura mengaku sudah mempertimbangkan konsep ini sejak lama, tepatnya sejak ibukota Jepang terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 pada tujuh tahun lalu. Pemerintah Jepang akan mempersiapkan secara serius dan sistematis demi terselenggaranya pekan olahraga besar tersebut dengan baik. Mereka tidak mau mengecewakan publik dunia yang hadir nanti serta berusaha menghibur tamu-tamu dari negara lain.

Jika Akiba-chan serta Akiba-kei sekalian ingin tahu sampai sejauh mana tingkat keseriusan Jepang dalam mengambil tema Japan Pop Culture juga menjadikan sembilan tokoh anime di atas sebagai maskot Olimpiade 2020, maka bisa dilihat dari akun sosial media terkait. Contohnya, halaman Facebook ‘The Olimpic Channel’ mengunggah sebuah video berisi karakter-karakter anime yang menjadi maskot Olimpiade 2020 nanti, dan juga memberitakan bahwa Pemerintah Jepang sangat serius mengambil tema Japan Pop Culture selama ajang olahraga internasional tersebut berlangsung. Ada banyak pihak jurnalis pula yang membenarkan keseriusan Jepang perihal keputusannya ini.

Apakah mungkin grup idol terkenal dari Jepang juga akan turut hadir untuk menyambut tamu-tamu dari negara lain dan para penonton olimpiade? Atau penampilan keren para Cosplayer asal Negeri Bunga Sakura? Boleh jadi, sebab tema yang diambil adalah Japan Pop Culture. Kita nantikan saja akan bagaimana jadinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here