Buat akiba-chan dan akiba-kei yang suka sama apapun yang berbau folklore jepang pasti nggak asing sama sosok ini. MANNENDAKE adalah se(ekor?orang?bentuk?) youkai yang kerap kali tampil edgy dalam game maupun anime. Aslinya? Iuhhh… kalian akan merinding melihat sosoknya.

Dalam game ternama besutan Netease Onmyoji misalnya. Mimin nggak ngiklan ya 😀 kebetulan aja main dan sudah membahas beberapa makhluk SSR macam Ao Andon, Ootengu sampai Ibaraki Douji. (Cek link buat baca secara lengkap).

Nah karena ini Mannendake lagi booming banget di versi arena. dan banyak juga pembaca yang request akhirnya mimin bahas nih.
dalam game Onmyoji

NAMA dan ASAL USUL

Nama Mannendake ditulis dengan kanji 万年竹 yang secara harfiah berarti “bambu sepuluh ribu tahun”. Ia bukanlah youkai asli jepang. Sebelum dikenal di negeri matahari terbit tersebut, ia lebih dulu eksis di tanah dataran China. Lalu entah bagaimana ceritanya dia bisa nyebrang dan menghantui jepang. Padahal konon katanya makhluk astral kagak bisa nyebrang lautan! 😀

WUJUD dan TINGKAH LAKU

Mannendake berwujud seperti bambu biasanya. Namun beberapa sumber mengatakan mereka nampak lebih rimbun dari bambu sekitarnya. Dengan daun yang lebih lebat dan warna lebih hijau kehitaman. Jika didekati maka mereka akan memunculkan wajah di batang bambunya. Dengan mata yang menyala merah dan menyeramkan.

mannendake onmyoji
dari kiri ke kanan: wujud dalam buku cerita rakyat, anatomi, dan wujud dalam anime

Youkai ini sangat suka membuat orang tersesat. Apalagi saat seseorang memasuki hutan bambu sendirian. Saat menyesatkan orang, Mannendake akan membuat mereka tertidur lalu mendekapnya dengan ruas ranting berbentuk tangan. Orang orang yang tersesat biasanya hanya merasa takut di awal lalu semakin lama semakin kehilangan kesadaran.

Hal ini dikarenakan Mannendake menyerap saripati jiwa mereka. Yang kemudian membuat orang tersebut lenyap atau meninggal. Namun sebenarnya hal yang paling ditakutkan bukanlah karena orang akan dengan sengaja pergi ke hutan sendirian. Tapi kekuatan bambu itu sendiri dalam alam sekitar.

INTERAKSI DENGAN MANUSIA

Mannendake adalah youkai bambu yang tidak serta merta muncul di bambu pekarangan rumahan. Ya itu tadi, mereka terbentuk karena umur mereka yang panjang dan tidak terjamah manusia di tengah hutan. Adapun kenapa mereka bisa menjebak manusia? karena kebanyakan manusia lah yang datang kepada mereka.

Dikatakan dalam sebuah buku mitologi bahwa bambu adalah salah satu tamanan dengan akar dan batang paling kuat di jepang. Konon dulu katanya saat terjadi bencana alam seperti gempa, banyak orang lari ke hutan dan berlindung di dabawah pohon bambu. Padahal saat itu Mannendake malah dapat dengan mudahnya memakan jiwa kalian. Solusinya agar bisa lepas dari youkai ini adalah dengan mematahkan ranting-rantingya. Karena bagian itu adalah bagian paling lemah dari sang youkai.

Comments