Sebagai negara dimana manga diproduksi begitu banyak, Jepang juga memberi beberapa pintu untuk belajar menggambar manga. Bisa dengan buku tutorial manga atau buku referensi, atau ikut kelas menggambar manga, seperti yang dibuka di Bandara Narita bulan Maret kemarin. Dan pintu tersebut bisa juga terbuka untuk mereka yang di penjara, seperti yang dilakukan oleh mangaka Sonoba Ryou ini, yang mengajar gambar manga ke narapidana.

Ya, seorang mangaka bernama Sonoba Ryou mengajarkan narapidana untuk menggambar manga di sebuah tempat rehabilitasi di Jepang. Pengalaman yang kemudian dicurahkannya dalam sebuah essay buatannya yang berjudul Keimusho de Manga wo Oshieteimasu, yang berarti Mengajar Manga di Penjara.

Sonoba Ryou

Bagi yang tak tahu, Sonoba Ryou adalah seorang mangaka yang telah membuat karya macam Shichinin no Shounin, Zukkoke Bow Wow Kyousoukyoku, seri Asami Mitsuhiko Mystery Special, dan lain-lain lagi.

Dan ia bekerja sama dengan Pusat Program Rehabilitasi Mine untuk mengajarkan orang-orang yang ditahan disitu untuk menggambar ilustrasi manga untuk bagian background, seperti gambar pemandangan lingkungan dan bangunan.

Pusat Rehabilitasi itu sendiri adalah fasilitas jangka pendek yang terletak di Prefektur Yamaguchi yang dibuka sejak tahun 2007. Tempat rehabilitasi tersebut berisikan tahanan-tahanan dengan resiko pengulangan tindak pidana yang rendah.

Kelas menggambar background manga tersebut telah dibuka disitu dari tahun 2015 lalu. Dan dikatakan kalau kelas menggambar manga itu dianggap dapat membantu para tahanan untuk masuk kembali ke lingkungan sosial, dan juga untuk menanamkan kesabaran dan konsentrasi.

Dan yang keren lagi, adalah gambar-gambar yang dibuat para murid-muridnya tersebut lumayan bagus. Bahkan art-art buatan mereka juga dapat dibeli dalam website Mangaka Honpo yang juga dibuka oleh Sonoba dari tahun 2017 lalu, dan dapat dipakai sebagai background manga-manga lain. Bahkan Sonoba sensei sendiri juga telah memakai beberapa gambar background tersebut dalam manga buatannya.

Sonoba sendiri juga sepertinya senang melakukan interaksi bersama dengan para tahanan disitu, walau ia sendiri tak pernah mengenal nama-nama mereka. Ia juga telah mengatakan jikalau diizinkan oleh Menteri Keadilan, ia ingin tetap berinteraksi dengan mereka selama mungkin.