Majalah manga Shonen JUMP telah meserialisasikan banyak sekali karya yang melekat dalam kenangan para otaku. Kita suka karakternya yang bersemangat atau ceritanya yang panjang (atau kadang tidak). Tapi Manga juga merupakan medium yang bervisual, jadi seorang mangaka tentu juga perlu bisa gambar. Tapi siapa yang paling jago? Nah Fans Jepang telah memilih, inilah ranking Mangaka JUMP yang paling jago gambar.

List ini dibuat oleh website Goo Ranking. Dan sesuai dengan nama rankingnya, list ini hanya menilai dari kualitas gambar dari karya manga Shonen JUMP yang telah dibuat para Mangaka ini, baik karya itu sudah selesai maupun masih lanjut. Berikut list-nya dari nomor 20 sampai yang paling Top;

20- Hashino Katsura, mangaka D.Gray-man, dengan 96 vote.

19- Furudate Haruichi, mangaka Haikyuu, dengan 99 vote.

18- Terasawa Buichi, mangaka Space Adventure Cobra, dengan 100 vote.

17- Akimoto Osamu, mangaka Kochikame, dengan 102 vote.

16- Amano Akira, mangaka Hitman Reborn, dengan 105 vote.

15- Kubo Tite, mangaka Bleach, dengan 115 vote.

14- Togashi Yoshihiro, mangaka HxH & YuYu Hakusho, dengan 118 vote.

13- Kishimoto Masashi, mangaka Naruto & Boruto, dengan 128 vote.

12- Yabuki Kentaro, mangaka Black Cat & To-LOVE-ru, dengan 129 vote.

11- Murata Yuusuke, mangaka Eyeshield 21, dengan 131 vote.

10- Saeki Shun, mangaka Shokugeki no Souma, dengan 151 vote.

9- Hara Tetsuo, mangaka Hokuto no Ken, dengan 154 vote.

8- Sorachi Hideaki, mangaka Gintama, dengan 167 vote.

7- Oda Eiichiro, mangaka One Piece, dengan 183 vote.

6- Katsura Masakazu, mangaka DNA2 & Wingman, dengan 227 vote.

Top 5

5- Araki Hirohiko, mangaka JoJo, dengan 229 vote.

Posisi 5 dibuka dengan mangaka yang semakin tua malah kelihatan semakin muda 😀 Araki sensei, dengan seri FABULOUS JoJo’s Bizarre Adventure. Dari segi proporsi tubuh memang agak tak natural, tapi dapat dilihat keseluruhannya seperti sebuah seni. Apalagi desain baju karakternya yang unik. Sampai ia diminta membuat art untuk museum Louvre di Prancis.

4- Hojo Tsukasa, mangaka City Hunter, dengan 240 vote.

Berikutnya adalah yang klasik. Hojo Tsukasa termasuk dalam generasi lama seperti Araki atau Hara Tetsuo. Tapi sedikit berbeda dengan Araki atau Hara, proporsi dan bentuk tubuh karakternya lebih realistis dengan desain yang enak dipandang, tapi jika perlu juga dapat membuat expresi karakternya elastis dan fleksibel, seperti ekspresi karakter manga umum.

3- Inoue Takehiko, mangaka Slam Dunk, dengan 324 vote.

Memasuki Top 3 kita buka dengan Inoue Sensei. Jika ada satu hal yang membuatnya patut diletakkan pada posisi ini, adalah perhatiannya pada detail, tak hanya untuk karakter, tapi juga untuk background. Slam Dunk bisa membuat emosi pembaca terhanyut karena detailnya itu. Dan karyanya yang berikutnya, VAGABOND, semakin memantapkan kualitasnya dalam detail.

2- Toriyama Akira, mangaka Dragon Ball, dengan 338 vote.

Nah kalau yang ini klasiknya generasi kita ya mina-san 😉 Dragon Ball. Desain karakternya memang fantasi, dengan bentuk dan proporsi yang tak realistis, tapi mungkin disitulah daya tarik dari Toriyama sensei. belum lagi ia dapat menggambar background dan lingkungan yang juga unik dan fantastis. Detailnya dalam membuat adegan action juga membuat pembaca terbawa suasana.

1- Obata Takeshi, mangaka Hikaru no Go & Death Note, dengan 454 vote.

Dan pada posisi paling Top markoTOP adalah Obata Sensei. Hikaru no Go memiliki desain karakter dan ketebalan garis yang membuatnya terlihat unik dari mangaka lain. Death Note menunjukkan dirinya mampu membuat sesuatu yang urban tapi dengan elemen dark fantasy, dan Bakuman menunjukkan kalau ia juga tetap detail dalam menggambar setting yang real life.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here